4+ Cara Membuat Denah Rumah (Untuk Pemula)

Memiliki rumah sendiri memang merupakan salah satu impian masa depan bagi setiap orang. Siapa sih yang tidak ingin memiliki rumah sendiri? Pasti semua orang menginginkan hal ini. Salah satu hal yang harus Anda persiapkan sebelum membangun rumah impian adalah membuat konsep denah rumah terlebih dahulu. Akan seperti apa desain rumah impian yang akan dibangun sebagai istana pribadi Anda.

Bagi Anda yang ingin membangun rumah impian dan masih bingung untuk membuat konsep denah rumah terbaik, berikut hal-hal penting yang harus Anda pikirkan agar konsep denah rumah Anda terbangun sempurna dan sesuai harapan.

1. Perhatikan Luas Tanah

Hal pertama yang perlu dipertimbangan adalah tentang luas tanah yang akan dijadikan tempat untuk membangun rumah Anda. Hal ini membutuhkan perhatian khusus karena akan berhubungan langsung dengan rencana ukuran rumah yang akan Anda bangun.

Lakukan pengukuran yang tepat dan sesuaikan ukuran rumah dengan memperhatikan luas tanah. Jika ukuran tanah tidak terlalu luas, jangan paksakan untuk membangun rumah yang luas. Hal ini justru akan merepotkan Anda dalam menikmati kenyamanan pemakaian tempat tinggal.

Sebaiknya sisakan tanah untuk sebagai halaman rumah atau bagian belakang rumah. Anda bisa memanfaatkan halaman rumah untuk dijadikan taman kecil yang berfungsi sebagai hiasan sekaligus bermanfaat agar rumah Anda terasa sejuk dan segar.

2. Mengonsep Daftar Rencana Aktivitas

desain rumah minimalis
Sumber: architecturendesign.net

Ketika Anda ingin membangun sebuah rumah tentunya Anda sudah memikirkan ruangan apa saja yang Anda butuhkan beserta rencana apa saja aktivitas yang akan Anda lakukan bukan? Hal ini sangat penting dikonsep dengan baik sebelum Anda membuat denah rumah.

Konsep berbagai daftar aktivitas dari seluruh calon penghuni rumah tersebut mulai dari aktivitas utama hingga aktivitas pendukung lainnya. Setelah itu, rencanakan ruang apa saja yang Anda butuhkan untuk melakukan berbagai aktivitas tersebut.

Jika luas lahan tidak terlalu longgar, Anda bisa menggunakan satu ruang untuk digunakan beberapa aktivitas selama penggabungan aktivitas dalam satu ruang ini tetap nyaman dan bisa berjalan dengan baik.

3. Riset Standar Kebutuhan Ruang

denah standar kebutuhan ruang
Sumber: home-designing.com

Cara membuat denah rumah yang selanjutnya adalah melakukan riset untuk kebutuhan ruang tersebut. Seperti pertimbangan sebuah ruang membutuhkan sekat permanen atau tidak, ukuran masing-masing ruang dan sebagainya.

Jika riset ini sudah direncanakan dengan baik Anda tidak akan bingung nantinya saat menempatkan berbagai barang sesuai tempatnya pada rencana semula ketika bangunan rumah impian sudah berdiri sempurna.

4. Buat Korelasi Ruang dan Zona Tempat

Hal yang tidak kalah pentingnya Anda perhatikan saat membuat denah rumah adalah merencanakan korelasi ruang serta zona tempatnya dengan menghubungkan kebutuhan ruang tersebut.

Misalnya posisi dapur seharusnya dekat dengan kamar mandi, ruang tamu baiknya di sebelah mana, ruang kamar tidur di sebelah mana dan sebagainya. Perencanaan ini harus dipikirkan dengan matang agar Anda merasakan kenyamanan maksimal dalam menghuni rumah baru Anda nanti.

5. Ubah Zonasi Ke Dalam Bentuk Denah Dasar

denah rumah minimalis
Sumber: arsitag.com

Langkah yang terakhir dalam membuat denah rumah adalah dengan merubah zonasi ke dalam bentuk denah dasar. Yang dimaksud dalam hal ini adalah, setelah Anda melakukan step yang ke empat dilanjutkan dengan menerjemahkan zonasi dan hubungan antar ruang ke dalam bentuk denah dasar. Komponen dari denah rumah ini sendiri bisa dibentuk berupa garis-garis sederhana saja.

Bagaimana? Sudah tidak bingung lagi kan bagaimana caranya membuat denah rumah? Bagi Anda yang termasuk pemula dalam urusan membuat rancangan denah rumah, beberapa cara membuat denah rumah di atas sangat cocok sekali dengan kebutuhan Anda. Semoga bermanfaat.

2 pemikiran pada “4+ Cara Membuat Denah Rumah (Untuk Pemula)”

Tinggalkan komentar