Contoh Surat Pengunduran Diri

Dalam dunia kerja, tak jarang akan muncul masalah-masalah yang menyebabkan seseorang harus berhenti dari pekerjaannya.

Beberapa alasan yang dapat melatarbelakangi hal tersebut adalah karena ingin memulai bisnis, menjalani pengobatan, pindah tempat tinggal, merawat keluarga yang sakit, atau tidak cocok dengan suasana tempat mereka bekerja.

Satu hal yang perlu diketahui adalah dalam mengundurkan diri dari pekerjaan, tidak bisa dilakukan sembarangan.

Ada aturan-aturan yang harus dijalani supaya reputasi mereka tidak tercemar dan dikatakan mengundurkan diri dengan terhormat.

Salah satu aturan untuk mengundurkan diri adalah dengan membuat surat pengunduran diri.

Dengan menggunakan surat, pengunduran diri kita akan menjadi lebih profesional. Contoh surat pengunduran diri berikut ini mungkin bisa dijadikan referensi.

Contoh Surat Pengunduran Diri

1. Surat Pengunduran Diri dari Perusahaan

contoh surat pengunduran diri dari perusahaan yang mudah

Bantul, 10 Maret 2018

Yth. Farel Gautama Renaldi, S.Sn.
Direktur PT Maju Mundur Oke
di tempat

Dengan Hormat,

Bersama surat ini, saya, Salamander Ahmad Raihan Akbar, bermaksud untuk mengajukan pengunduran diri dari PT Maju Mundur Oke sebagai staf pemasaran, terhitung sejak 30 Maret 2018.

Tidak lupa saya juga mengucapkan terima kasih atas segala kesempatan yang diberikan oleh PT Maju Mundur Oke untuk saya belajar, menimba ilmu, mencari relasi, dan kesempatan-kesempatan lainnya yang membuat saya menjadi pribadi yang lebih baik. Selain itu, saya juga berharap PT Maju Mundur Oke dapat menjadi lebih maju dan dapat bersaing dengan perusahaan lainnya.

Demikian permohonan pengunduran ini saya tulis. Atas Perhatian Bapak, saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

 

Salamander Ahmad Raihan Akbar

2. Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja dengan Alasan

contoh surat pengunduran diri dengan alasan yang cepat

Yogyakarta, 19 Juni 2018
Yth. Ketua CV Media Aksara Indah
di Tempat

Dengan Hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini,

Nama : Susilo Rahmat Amirudi Stefan, S.S.
Alamat : Joilayan, Bambanglipuro, Bantul
Jabatan : Desainer sampul

Dengan ini mengajukan surat pengunduran diri sebagai desainer di penerbit Media Aksara Indah dikarenakan harus menjalani perawatan akibat penyakit TBC yang saya derita.

Saya juga mengucapkan banyak terima kasih kepada pihak perusahaan yang telah memberikan ilmu dan pengalaman yang sangat berharga bagi saya. Tak lupa saya juga meminta maaf apabila selama 6 tahun berkarir sebagai desainer di CV Media Aksara Indah memiliki kesalahan-kesalahan baik yang disengaja maupun tidak. Saya harapkan CV Media Aksara Indah dapat semakin maju dan terus mengembangkan dunia literasi di Indonesia.

Demikian surat permohonan ini saya sampaikan. Atas perhatian Bapak, saya ucapkan terima kasih.

Hormat Saya,

 

Susilo Rahmat Amirudi Stefan, S.S.

3. Contoh Surat Pengunduran Diri dari Organisasi

contoh surat pengunduran diri dari Organisasi agar langsung diterima

SURAT PERNYATAAN PENGUNDURAN DIRI

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama : Rahmet Anwarudin Hamid
Jabatan di BEM : Departemen Hubungan Masyarakat
Fakultas : Ilmu Budaya
NIM : 365 398 453
Alamat : Jalan Ramai Nian No.14, Sleman
Nomor HP : 0857 9999 2422

Dengan surat ini saya mengajukan pengunduran diri dari Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Indonesia dengan alasan hendak mengikuti pertukaran pelajar ke Hongkong selama satu tahun. Oleh sebab itu, untuk tugas dan kewajiban saya sebagai bagian dari departemen minat dan bakat akan saya selesaikan sebelum tiba masa pengunduran saya. Untuk keputusan apakah hendak mencari pengganti saya atau tidak, semua saya serahkan sepenuhnya kepada ketua BEM Universitas Indonesia.

Saya meminta maaf sebesar-besarnya apabila selama saya berproses dan bekerja di organisasi, khususnya departemen hubungan masyarakat, ada tutur kata dan tindak laku yang kurang berkenan di hati seluruh anggota organisasi. Tak lupa pula saya juga mengucapkan terima kasih atas semua bimbingan dan dukungan dari seluruh anggota organisasi tanpa terkecuali. Semoga hal ini dapat membuat saya menjadi pribadi yang lebih baik dan BEM Universitas Indonesia dapat semakin maju.

Demikian surat pengunduran diri ini saya buat dengan sadar dan tanpa ada intervensi dari pihak manapun. Saya berharap Ketua BEM Universitas Indonesia dan seluruh jajarannya bisa memahami dan mengerti posisi serta keadaan saya. Atas pengertian dan dukungan Saudara, saya ucapkan terima kasih.

Sleman, 2 Januari 2019
Yang menyatakan,

Rahmet Anwarudin Hamid

4. Contoh Surat Pengunduran Diri Dari Jabatan

contoh surat pengunduran diri dari jabatan agar tidak menimbulkan masalah

Magelang, 20 Januari 2019
Yth. Ketua OSIS SMAN 1 Magelang
di Magelang

Dengan Hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:
Nama : Ahmad Zulkarnain Robert Kyoshi
Jabatan : Wakil Sekretaris
No. Induk : 4637 37364

Bermaksud untuk mengundurkan diri dari OSIS SMAN 1 Magelang dengan alasan fokus untuk belajar. Surat pengunduran diri ini berlaku pada tanggal 27 Januari 2019. Sehubungan dengan itu, Saya akan menyelesaikan segala tugas dan tanggung jawab sebagai Wakil Sekretaris hingga tenggat waktu tersebut.

Selanjutnya saya ucapkan terima kasih kepada seluruh anggota OSIS SMAN 1 Magelang yang telah bersedia bekerja sama dan mendukung apa yang selama ini saya lakukan. Tidak lupa juga saya memohon maaf sebesar-besarnya apabila saat berproses di OSIS SMAN 1 Magelang terdapat perbuatan dan perkataan saya yang melewati batas. Saya berharap, ke depan OSIS SMAN 1 Magelang bisa menjadi lebih baik dan dapat menyelesaikan seluruh program kerja dengan sebaik-baiknya.

Demikian surat permohonan ini saya buat dengan penuh keinginan dan kesadaran saya sendiri tanpa adanya paksaan dari pihak manapun. Atas perhatian Saudara, saya ucapkan terima kasih.

Hormat Saya,

Ahmad Zulkarnain Robert Kyoshi

5. Surat Pengunduran Diri Guru

contoh surat pengunduran diri Guru yang sesuai aturan

Semarang, 1 Maret 2018

Yth. Yahmidi, M.Pd
Kepala SMA 12 Semarang
di Semarang

Dengan Hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini atas nama Sekar Arum Widarawati, bermaksud mengajukan surat permohonan mengundurkan diri dari jabatan guru Bahasa Jawa SMA 12 Semarang dengan alasan memerlukan istirahat yang lama karena penyakit vertigo.

Saya mengucapkan terima kasih sebanyak-banyaknya kepada semua pihak SMA 12 Semarang yang sudah menjadi lahan saya untuk belajar selama bekerja di sini. Semoga pelajaran tersebut dapat membuat saya menjadi pribadi yang lebih baik. Tak lupa saya juga meminta maaf apabila selama menjadi anggota dari SMA 12 Semarang terdapat perbuatan dan tutur kata yang tidak patut. Harapan saya ke depan, SMA 12 Semarang akan semakin maju dan banyak diminati oleh siswa-siswa yang hendak belajar.

Demikian surat permohonan ini saya buat tanpa paksaan dan desakan dari pihak manapun. Atas perhatian Bapak, saya ucapkan terima kasih.

Hormat Saya,

Sekar Arum Widarawati
NIP 12089 4567 0002

6. Contoh Surat Pengunduran Diri dari Sekolah

contoh surat pengunduran diri dari sekolah yang sesuai aturan

Pontianak, 1 Juli 2014
Yth. Bambang Edy WIjanarko, M.Pd
Kepala Sekolah SMA 12 Pontianak
di tempat

Dengan Hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini atas nama Nina Wirnati Aria Putri, bermaksud mengajukan surat permohonan mengundurkan diri dari jabatan penjaga sekolah SMA 12 Pontianak dengan alasan ingin memulai bisnis di kampung halaman.

Saya mengucapkan terima kasih sebanyak-banyaknya kepada semua pihak SMA 12 Pontianak yang sudah menjadi lahan saya untuk belajar selama bekerja di sini. Semoga pelajaran tersebut dapat membuat saya menjadi pribadi yang lebih baik. Tak lupa saya juga meminta maaf apabila selama menjadi anggota dari SMA 12 Pontianak terdapat perbuatan dan tutur kata yang tidak patut. Harapan saya ke depan, SMA 12 Pontianak akan semakin maju dan banyak diminati oleh siswa-siswa yang hendak belajar.

Demikian surat permohonan ini saya buat tanpa paksaan dan desakan dari pihak manapun. Atas perhatian Bapak, saya ucapkan terima kasih.

Hormat Saya,

Nina Wirnati Aria Putri
NIP 47489 38944 0002

7. Surat Pengunduran Diri Karyawan Pabrik

contoh surat pengunduran diri karyawan pabrik yang terbaik

Surakarta, 16 Januari 2018
Yth. Pimpinan Personalia PT. Makmur Jaya Sentosa
di tempat

Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini:
Nama : Anwaridi Sukaimin
Jabatan : Anggota
Kedudukan : Staf Pemasaran

Melalui surat ini mengajukan pengunduran diri sebagai Staf Pemasaran PT Makmur Jaya Sentosa. Pengunduran diri ini saya ajukan dengan alasan saya harus merawat istri di rumah. Surat pengunduran diri ini berlaku sejak ditandatanganinya surat ini, yakni 16 Januari 2018

PT Makmur Jaya Sentosa merupakan perusahaan yang bergerak di bidang distribusi bahan bangunan yang terpercaya dan berkualitas. Semua barang yang dijual merupakan produk yang berkualitas dan tahan lama. Dengan sembohyan “Bangun Gedung, Bangun Nusantara”, PT Makmur Jaya Sentosa benar-benar menjaga kualitas demi membangun bangsa yang lebih baik. Hasilnya, banyak perusahaan yang hendak mendirikan bangunan mempercayakan bahan-bahannya kepada PT Makmur Jaya Sentosa.

Kesuksesan PT Makmur Jaya Sentosa tentu tidak bisa terlepas dari andil karyawan yang bekerja sama memberikan pelayanan yang terbaik. Begitu beruntung karena saya adalah satu dari sekian banyak orang luar biasa tersebut. Akan tetapi, dengan menyesal saya harus mengajukan permohonan ini dan harus rela untuk tidak lagi bekerja sama dengan orang-orang luar biasa. Apa yang saya lakukan selama 5 tahun bekerja di PT Makmur Jaya Sentosa adalah sesuatu yang paling maksimal yang bisa saya lakukan.

Saya menghaturkan terima kasih sebanyak-banyaknya atas kesempatan dan kesempatan, bimbingan, dan segala dukungan yang diberikan oleh seluruh pihak PT MAKMUR JAYA SENTOSA kepada saya selama menjadi bagian dari keluarga besarnya sebagai staf pemasaran. Saya yakin bahwa kesempatan yang diberikan oleh PT Makmur Jaya Sentosa tersebut merupakan pengalaman kerja yang berharga bagi pengembangan karir dan masa depan saya selanjutnya.

Demikian Surat Pengunduran Diri ini saya ajukan. Terima kasih atas perhatian dan kerja samanya.

Hormat saya,

Anwaridi Sukaimin

8. Surat Pengunduran Diri PNS

contoh surat pengunduran diri PNS agar cepat direspon

Jakarta, 23 Februari 2017

Hal: Pengunduran Diri Sebagai Pegawai Negeri Sipil

Yth. Menteri Keuangan Republik Indonesia
melalui Direktur Jenderal Direktorat Aset Negara
di Jakarta

Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : Susi Selowati Aherina
NIP/Karpeg : 1928 39488 029383/ XX784
Pangkat/Golongan Ruang : Pendamping IV/a
Jabatan : Guru Ekonomi
Unit Organisasi : SMAN N 1 Jakarta
Tempat/Tanggal lahir : Bandung, 2 Januari 1987
Alamat dan No. Telp yg dapat dihubungi : Jalan Kedutaan No. 123, Jakarta Pusat / 083 3838 93

dengan ini mengajukan permohonan diri sebagai Pegawai Negeri Sipil dengan alasan hendak fokus untuk membangun bisnis laundry. Sebagai bahan untuk pertimbangan, berikut ini saya lampirkan kelengkapan masing-masing dalam rangkap 3 berupa:

1. surat pernyataan tidak memiliki kewajiban pembayaran hutang
2. surat pernyataan tidak keberatan atas permohonan pemberhentian
3. fotokopi surat keputusan pengangkatan sebagai Calon PNS yang telah dilegalisasi

Demikian permohonan ini saya sampaikan, atas pertimbangan dan keputusan yang diberikan saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Susi Selowati Aherina

9. Contoh Surat Pengunduran Diri Alfamart

contoh surat pengunduran diri dari alfamart yang sesuai EYD

Sleman, 1 Maret 2018
Yth. HRD
PT. Sumber Alfaria Trijaya
Di tempat

Dengan Hormat,
Yang bertanda tangan di bawah ini :
Nama : Ahmad Julfiandi
NIK : 8473 3724
Jabatan : Helper
Toko : Bypass Jl. Jalan Raya, Sleman
bermaksud mengajukan surat permohonan mengundurkan diri dari PT. Sumber Alfaria Trijaya tertanggal 23 Maret 2018..

Saya mengucapkan terima kasih sebanyak-banyaknya kepada semua pihak PT. Sumber Alfaria Trijaya yang sudah menjadi lahan saya untuk belajar selama bekerja di sini. Semoga pelajaran tersebut dapat membuat saya menjadi pribadi yang lebih baik. Tak lupa saya juga meminta maaf apabila selama menjadi anggota dari PT. Sumber Alfaria

Trijaya terdapat perbuatan dan tutur kata yang tidak patut. Harapan saya ke depan, PT. Sumber Alfaria Trijaya akan semakin maju.

Demikian surat permohonan ini saya buat tanpa paksaan dan desakan dari pihak manapun. Atas perhatian Bapak, saya ucapkan terima kasih.

Hormat Saya,

Ahmad Julfiandi
NIP 8473 3724

10. Contoh Surat Pengunduran Diri dari Partai

contoh surat pengunduran diri dari partai karena alasan tertentu

Perihal : Surat Pengunduran Diri
Lampiran : 1 Lembar

Yth.Ketua DPP Partai Sejahtera Jaya Indonesia
Di Tempat

Dengan hormat,

Dengan surat ini saya Sunarso Alami Rednotido menyatakan dengan sebenarnya permohonan pengunduran dirisaya dari kepengurusan partai Sejahtera Jaya Indonesia disebabkan karena saya tidak mampu lagi mengikuti kegiatan akibat kesibukan dalam pekerjaan saya.

Dalam surat ini saya lampirkan pula surat keterangan dari perusahaan tempat saya bekerja. Saya berharap Bapak ketua DPP dapat memaklumi dan memahami keputusan yang saya ambil. Terima kasih sebesar-besarnya saya turut sampaikan kepada segenap pengurus partai Sejahtera Jaya Indonesia atas kerja samanya selama ini.

Demikian yang dapat saya sampaikan, jika terdapat kata-kata yang kurang berkenan saya mohon maaf. Atas perhatiannya saya mengucapkan terima kasih.

Bekasi, 15 September 2019

Yang menyatakan,

Sunarso Alami Rednotido
NIP 85757 38829 0002

11. Contoh Surat Pengunduran Diri dari Hotel

contoh surat pengunduran diri dari hotel agar cepat ditanggapi

Yogyakarta, 2 Maret 2018
Yth Kepala Bagian HRD Hotel Selalu Ada Untukmu
di tempat

Dengan Hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama : Surya Jatmika Putra Hutama
Tempat, Tanggal Lahir : Jombang, 13 Januari 1991
Alamat : Dusun Cabean, Parangtritis, Yogyakarta
Jabatan : Security Hotel Selalu Ada Untukmu

melalui surat ini, saya mengajukan pengunduran diri terhitung tanggal 12 Maret 2018 dengan alasan ingin fokus mengurus usaha sendiri sesuai apa yang telah saya cita-citakan selama ini. Segala hal yang berhubungan dengan tugas dan tanggung jawab saya sebagai Security Hotel Selalu Ada Untukmu akan saya laksanakan sampai masa pengunduran saya tiba.

Tidak lupa, saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada segenap pimpinan dan semua karyawan yang selama ini membimbing dan membantu saya dalam pekerjaan, dan saya memohon maaf dikarenakan tidak bisa lagi menjadi bagian dari perusahaan Hotel Selalu Ada Untukmu. Saya juga memohon maaf apabila ada perkataan dan perbuatan yang kurang berkenan.

Demikian surat permohonan pengunduran diri saya buat dengan penuh kesadaran dan tanpa ada paksaan dan tekanan dari pihak manapun. Atas pengertian Anda, saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Surya Jatmika Putra Hutama

12. Contoh Surat Pengunduran Diri dari Bank

contoh surat pengunduran diri dari bank yang sopan

Bandung, 4 Desember 2004
Yth. Kepala Bank Berlian
di Bandung Selatan

Dengan Hormat,
Bersama surat ini saya mengajukan permohonan pengunduran diri sebagai karyawan di Bank Berlian. Berikut ini adalah identitas saya.
Nama : Sulistyo Wati Rahmi
Alamat : Jalan Herkules No.12, Pasar Kamis, Bandung Selatan

Dengan ini Saya mengucapkan terima kasih atas segala kesempatan dan bimbingan yang telah diberikan untuk saya belajar dan bekerja di Bank Berlian. Merupakan suatu kehormatan dapat tergabung dalam sebuah perusahaan besar di Indonesia dengan skala internasional. Saya juga meminta maaf atas segala kesalahan saya baik itu dari perkataan atau perbuatan saya. Semua itu semata-mata merupakan proses belajar saya untuk menjadi lebih baik dan dapat mengharumkan nama Bank Berlian.

Tak lupa saya mohon maaf kepada seluruh karyawan serta jajaran manajemen Bank Berlian karena tidak dapat lagi bekerja sama untuk memajukan Bank Berlian. Alasan saya mengajukan permohonan ini semata-mata adalah alasan merawat orang tua yang sedang terbaring sakit. Saya berharap dan berdoa agar Bank Berlian tetap menjadi perusahaan yang terus maju dan berintegritas.

Demikian permohonan ini saya sampaikan. Atas perhatian Saudara, saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Sulistyo Wati Rahmi

13. Contoh Surat Pengunduran Diri Kuliah

contoh surat pengunduran diri kuliah yang sopan dan baik

Yogyakarta, 10 Mei 2015

Hal: Permohonan Pengunduran Diri

Yth. Rektor
Melalui Dekan Fakultas Hukum
Universitas Gadjah Mada
Yogyakarta

Yang bertanda tangan di bawah ini, saya :

Nama : Rahmin Anwarin Michael
N I M : 244447652
Program Studi : Hukum
Jurusan : Hukum Sosial
Fakultas : Hukum
Alamat : Jl. Jayuran Enggal 7 Rt 06/03 No 112, 11345. Yogyakarta
Mulai bulan : AgustusTahun 2013

Bermaksud mengajukan permohonan pengunduran diri dari status mahasiswa

Program Studi : Hukum
Jurusan : Hukum Sosial
Fakultas : Hukum
Dengan alasan hendak fokus membuka usaha sendiri. Sehubungan dengan hal tersebut, mohon untuk dapat dibuatkan surat keterangan beserta capaian hasil studi saya.

Mengetahui,
Pembimbing Akademik Mahasiswa,

Sulastri Nurwati Rahmin Anwarin Michael

14. Contoh Surat Pengunduran Diri Resmi

contoh surat pengunduran diri resmi formal

Madiun, 11 Mei 2018

Yth Pimpinan PT Sinar Agung Jaya
di Madiun

Yang bertanda tangan di bawah ini:
Nama : Alexander Kolari Rahmet Susilo
Alamat : Jalan Dahlia Indah No.12, Madiun, Jawa Timur
Jabatan : Wakil Bendahara Umum

Dengan surat ini, saya bermaksud untuk mengajukan surat pengunduran diri dari perusahaan serta jabatan yang sesertag saya duduki. Surat pengunduran ini terhitung Mulai tanggal 13 Mei 2018. Maka dari itu, segala tanggung jawab, tugas, serta perencanaan ke depan akan saya selesaikan sebelum tanggal tersebut.

Ucapan terima kasih saya haturkan sebesar-besarnya atas segala kesempatan serta pengalaman yang diberikan kepada saya selama saya bekerja di PT Sinar Agung Jaya. Tak lupa pula saya juga menghaturkan permohonan maaf apabila selama saya bekerja di PT Sinar Agung Jaya terdapat tutur kata atau perilaku yang tidak berkenan bagi seluruh pihak PT Sinar Agung Jaya. Saya tetap berdoa serta berharap agar PT Sinar Agung Jaya bisa menjadi perusahaan yang lebih baik serta mampu bersaing dengan perusahaan-perusahaan besar lainnya.

Saya juga memohon maaf atas keputusan pengunduran diri ini sehingga mulai hari ini tidak lagi terhitung sebagai bagian dari perusahaan Anda serta membantu pekerjaan Anda. Tidak ada sama sekali niat serta maksud saya untuk merugikan perusahaan. Alasan pengunduran diri saya ini semata-mata karena alasan kesehatan, yakni harus merawat orang tua.

Demikian surat permohonan ini saya buat dengan penuh keinginan serta kesadaran saya sendiri tanpa asertaya paksaan dari pihak manapun. Atas perhatian Bapak, saya haturkan terima kasih.

Tembusan : Bagian Informasi dan Kesekretariatan Kabag

Hormat Saya

Alexander Kolari Rahmet Susilo

15. Contoh Surat Pengunduran Diri dari Jabatan Struktural

contoh surat pengunduran diri struktural yang cepat diurus

Surabaya, 11 Desember 2014
Yth. Aliyudin Affandi, S.T.
Pemimpin PT Medika Laras Indah
di tempat

Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini:
nama : Sari Murni Jaya Bella
jabatan : Kepala divisi sumber daya
no. Karyawan : KR8333 789

dengan surat ini, saya mengajukan permohonan mengundurkan diri dari jabatan sebagai kepala divisi pengembangan sumber daya manusia di PT Medika Laras Indah dengan alasan hendak membuka usaha di Jakarta bersama suami saya. Saya berharap Bapak dapat memahami apa yang telah menjadi keputusan saya.

Sebelumnya, saya mengucapkan terima kasih atas pengalaman dan bimbingan selama saya bekerja di PT Medika Laras Indah. Semoga apa yang saya pelajari selama bekerja di PT Medika Laras Indah dapat membuat saya menjadi pribadi yang lebih baik. Tidak lupa pula saya memohon maaf apabila terdapat salah kata dan perbuatan selama saya bekerja di PT Medika Laras Indah. Apa yang telah terjadi murni dari kelalaian saya untuk mengendalikan diri. Saya berharap, PT Medika Laras Indah dapat terus berkembang dan bermanfaat bagi bangsa.

Demikian surat permohonan pengunduran diri ini saya tulis dengan sebenar-benarnya. Atas perhatian Bapak, saya mengucapkan terima kasih.

Pemohon,

Sari Murni Jaya Bella

16. Contoh Surat Pengunduran Diri Direktur PT

contoh surat pengunduran diri direktur PT yang sesuai

Bogor, 12 Januari 2019

Yang bertanda tangan berikut ini, saya :
Nama Lengkap : Rangga Emerald Yohan
Tempat Tgl. Lahir : Bandung, 7 Agustur 1990
Jabatan : Direktur PT Angkasa Pura Jaya
Alamat Sekarang : Jalan Maribuata No. 123 Bogor

Pada hari ini, Selasa tanggal 12 Januari menyatakan mengundurkan diri dari jabatan direktur PT Angkasa Pura Jaya dengan ketentuan :

1. Agar modal usaha pribadi saya dikembalikan yakni sebesar Rp120.000.000,00 sesuai rekap beserta bunga Bank yang berlaku.

Demikian surat pernyataan ini saya buat tanpa ada paksaan dari pihak manapun, dalam keadaan sehat jasmani dan rohani serta tidak ada unsur paksaan dari pihak lain.

Yang menyatakan

Rangga Emerald Yohan

17. Contoh Surat Pengunduran Diri Karena Sakit

contoh surat pengunduran diri karena sakit yang langsung diterima

Madiun, 9 September 2017

Yth. Direktur PT Berlian Biru Madiun
Jl. Mekar Jaya No. 21 Madiun

Dengan Hormat,

Bersama surat ini, saya, Ahmad Qodir Jailana, bermaksud untuk mengajukan surat pengunduran diri dari karyawan PT Berlian Biru terhitung pada 21 September 2017 karena hendak menjalani pengobatan TBC di rumah secara intensif.

Saya juga mengucapkan terima kasih atas kesempatan untuk bekerja di PT Berlian Biru Madiun yang membuat saya bisa menjadi pribadi yang lebih baik. Saya juga memohon maaf apabila selama bekerja terdapat perbuatan yang kurang berkenan. Saya berharap PT Berlian Biru Madiun menemukan pengganti yang lebih baik.

Demikian surat permohonan ini saya tulis. Atas perhatiannya, saya ucapkan terima kasih.

Hormat Saya,

Ahmad Qodir Jailana

18. Contoh Surat Pengunduran Diri Pegawai Honorer

contoh surat pengunduran diri pegawai honorer yang sopan

Blitar, 21 Januari 2015
Yth. Direktur PT Jaya Maju Anugerah Karya
di Blitar

Dengan Hormat,

Dengan surat ini, saya Mulyadi Suprapto Hanafi bermaksud untuk mengajukan pengunduran diri dari PT Jaya Maju Anugerah Karya Operator Produksi, terhitung sejak tanggal 27 Januari 2015. Maka dari itu, semua tugas dan tanggung jawab akan saya selesaikan sebelum tiba tenggat waktu tersebut. . Alasan pengunduran diri saya ini adalah karena saya harus fokus untuk pendidikan S3.

Saya turut mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya atas kesempatan dan pengalaman yang diberikan kepada saya selama saya bekerja di PT Jaya Maju Anugerah Karya. Juga tak lupa juga saya mengucapkan permohonan maaf apabila selama saya bekerja di PT Jaya Maju Anugerah Karya terdapat tutur kata atau perilaku yang tidak berkenan bagi seluruh pihak PT Jaya Maju Anugerah Karya. Saya tetap berharap agar PT Jaya Maju Anugerah Karya bisa menjadi perusahaan yang lebih baik dan mampu bersaing dengan perusahaan-perusahaan lainnya.

Demikian surat permohonan ini saya buat dengan penuh kesadaran saya sendiri tanpa adanya paksaan dari pihak manapun. Atas perhatian Bapak, saya mengucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Mulyadi Suprapto Hanafi

19. Contoh Surat Pengunduran Diri Alfamart

contoh surat pengunduran diri alfamart yang cepat diproses

Magelang, 1 Desember 2018
Yth. HRD
PT. Sumber Alfaria Trijaya
Di tempat

Dengan Hormat,
Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : Roberto Hongo Artestuk
NIK : 64647 3724
Jabatan : Office Boy
Toko : Bypass Jl. Cempaka Biru, Magelang

bermaksud mengajukan surat permohonan mengundurkan diri dari PT. Sumber Alfaria Trijaya tertanggal 23 Desember 2018 karena hendak pindah tempat tinggal ke Sulawesi.

Saya ucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak PT. Sumber Alfaria Trijaya yang sudah menjadi lahan saya untuk belajar dan berkembang selama bekerja di sini. Semoga pelajaran tersebut dapat membuat saya menjadi sebuah pribadi yang lebih baik. Tak lupa juga saya juga meminta maaf apabila selama menjadi anggota dari PT.

Sumber Alfaria Trijaya terdapat perbuatan dan tutur kata yang tidak patut dan lancang. Harapan saya ke depan, PT. Sumber Alfaria Trijaya akan semakin maju dan berkembang.

Demikian surat permohonan pengunduran diri ini saya buat tanpa paksaan dan desakan dari pihak manapun. Atas perhatian Bapak, saya ucapkan terima kasih.

Hormat Saya,

Roberto Hongo Artestuk
NIK 64647 3724

20. Contoh Surat Pengunduran Diri Sebagai Guru Paud

contoh surat pengunduran diri guru paud yang tepat

Kulon Progo, 28 Agustus 2018

Perihal: Permohonan Pengunduran Diri
Lampiran : Satu lembar

Yth. Kepala PAUD Palupi Siwi
di tempat

Dengan hormat,

Yang bertanda tangan berikut ini, saya :
Nama : Martini Masykur Ali
Tempat, tanggal Lahir : Kulon Progo, 14 Mei 1987
Jabatan : Guru PAUD

Terhitung 5 September 2018 bermaksud untuk mengundurkan diri sebagai pengajar PAUD Palupi Siwi Kulon Progo karena akan pindah rumah ke Kalimantan.

Terima kasih saya ucapkan atas pengalaman dan kebersamaan selama ini yang membuat saya menjadi orang yang lebih baik. Semoga PAUD Palupi Siwi menjadi lebih baik lagi ke depannya.

Demikian surat permohonan ini saya sampaikan, apabila ada kesalahan kata saya mohon maaf yang setulus-tulusnya. Atas perhatiannya, saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya

Martini Masykur Ali

21. Contoh Surat Pengunduran Diri dari Penerbitan

contoh surat pengunduran diri dari penerbitan yang sesuai EYD

Yogyakarta, 4 Mei 2018
Yth. Kepala Penerbit Jogjapress
di tempat

Dengan Hormat,

Penerbit Jogjapress merupakan salah satu badan penerbitan yang terbaik di Yogyakarta, bahkan di Indonesia. Sudah banyak bukti bahwa buku-buku terbitan Jogjapress laku keras di pasaran dan memberikan manfaat bagi para pembaca. Tak heran apabila Jogjapress masuk dalam sepuluh besar penerbit terbaik Indonesia tahun 2018.

Saya beruntung selama 6 tahun dapat menjadi bagian dari penerbit yang luar biasa ini. Selama waktu tersebut saya mendapatkan pengalaman yang tak ternilai harganya. Saya juga mendapatkan rekan kerja yang luar biasa dan selalu mendukung saya ketika saya sedang dalam masa-masa sulit. Pihak petinggi penerbit juga memiliki visi luar biasa yang selalu membuat para kolega menjadi giat bekerja dan berkarya.

Maka dari itu, dengan sangat kecewa, melalui surat ini saya mengajukan permohonan pengunduran diri saya sebagai editor di penerbit Jogjapress dengan alasan menjaga orang tua saya yang sedang terbaring sakit di rumah karena mengidap penyakit TBC. Berikut ini adalah identitas saya.

Nama : Listya Nugroho Ahmad
Alamat : Jalan Ngringinan Empat No.12, Yogyakarta

Saya mengucapkan banyak terima kasih atas segala pengalaman, kesempatan, dan ilmu yang diberikan pihak penerbit Jogjapress selama saya menjadi bagian Jogjapress. Saya tentu bukanlah apa-apa tanpa bimbingan dan dukungan dari seluruh kolega saya di Jogjapress. Karena Jogjapress lah, kemampuan saya menjadi semakin berkembang setiap hari dan bisa sampai ke titik di mana saya berada sekarang.

Tak lupa saya juga mengucapkan permohonan maaf apabila selama saya menjadi bagian dari Jogjapress terdapat kata-kata yang kurang sopan dan perbuatan yang merugikan pihak Jogjapress. Kesalahan-kesalahan tersebut semata-mata adalah konsekuensi saya dalam melalui proses belajar dan bukan hal yang saya sengaja untuk merugikan pihak Jogjapress.

Demikian surat permohonan ini saya tulis dengan sebenar-benarnya tanpa ada campur tangan dan tekanan dari pihak manapun. Atas perhatiannya, saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

 

Listya Nugroho Ahmad

22. Contoh Surat Resign

contoh surat resign yang baik

Surabaya, 4 Desember 2016
Yth. Kepala Penerbit Pustaka Agung
di tempat

Dengan Hormat,

Penerbit Pustaka Agung merupakan sebuah penerbitan terbesar di Surabaya dengan segala fasilitasnya yang diberikan. Banyak para penulis baik ataupun maupun profesional yang berminat menerbitkan bukunya di penerbit Pustaka Agung. Kualitas buku yang diterbitkan penerbit ini pun tidak main-main. Mulai dari desain cover, layout, editing, sampai bagian pemasaran semuanya digarap secara rapi dan baik.

Bagusnya kualitas buku terbitan penerbit Pustaka Agung tersebut tentu tidak terlepas dari berkualitasnya para karyawan dan jajaran stafnya. Betapa beruntungnya saya karena saya termasuk dari orang-orang luar biasa tersebut dan telah berproses bersama selama 5 tahun. Maka dari itu, saya amat kecewa untuk menyampaikan hal ini.

Melalui surat ini saya mengajukan permohonan pengunduran diri sebagai editor di penerbit Pustaka Agung. Berikut ini adalah identitas saya.

Nama : Jompu Laila Reno
Alamat : Jalan Kabur Kanginan No.142, Surabaya, Jawa Timur

Saya mengucapkan terima kasih atas segala kesempatan, bimbingan, dan pengalaman yang telah diberikan untuk saya belajar dan berkembang di penerbit Pustaka Agung. Saya juga meminta maaf sebesar-besarnya atas segala kesalahan saya baik itu dari perkataan atau perbuatan saya. Semua itu semata-mata merupakan bagian dari proses belajar saya untuk menjadi lebih baik dan dapat menaikan citra baik penerbit Pustaka Agung.

Tak lupa pula saya memohon maaf kepada seluruh karyawan serta jajaran manajemen penerbit Pustaka Agung karena tidak dapat lagi bekerja sama untuk memajukan Penerbit Pustaka Agung. Alasan saya mengajukan permohonan ini semata-mata adalah alasan merawat istri saya yang sedang terbaring sakit di rumah. Saya berharap dan berdoa agar Penerbit Pustaka Agung tetap menjadi perusahaan yang terus maju dan berintegritas.

Demikian permohonan ini saya sampaikan tanpa campur tangan pihak manapun. Atas perhatian Saudara, saya mengucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Jompu Laila Reno

Download Surat Pengunduran Diri Kerja Doc

download surat pengunduran diri dari kerja doc yang sudah sesuai
Sumber Gambar: fallindesign.com

Untung mengunduh beberapa contoh surat pengunduran diri yang baik, silakan klik pada link berikut ini.

Format Surat Pengunduran Diri

format surat pengunduran diri yang paling baik

(Tanggal dibuatnya surat pengunduran diri)
(yang dituju)
(lokasi pihak yang dituju)

Dengan Hormat,
(Pembuka berisi identitas beserta pernyataan pengunduran diri)
(Ucapan terima kasih dan permohonan maaf)
(Penutup)
Hormat Saya,

(Pemohon)
(Nomor Identitas)

Cara Membuat Surat Pengunduran Diri

Cara Membuat Surat Pengunduran Diri yang baik dan benar
Sumber Gambar: devianart.com

Pada prinsipnya, untuk membuat surat pengunduran diri adalah dengan menulis berdasarkan unsur-unsur pembentuk dari surat pengunduran diri tersebut.

Apabila format dan unsur-unsur sudah dipahami dengan benar, maka proses penulisan surat pengunduran diri akan menjadi lebih mudah.

Secara garis besar, ada tiga bagian dari surat pengunduran diri, yakni pembukaan, isi, dan penutup.

1. Pembukaan

Pembukaan bukan berisi hal yang bertele-tele atau mengucapkan kata-kata manis untuk merayu.

Hal yang berada pada bagian pembukaan adalah salam, biasanya berupa “dengan hormat”.

Selain itu pembukaan juga berisi identitas pemohon, jabatan, nomor kepegawaian atau keanggotaan, dan pernyataan bahwa pemohon hendak mengajukan surat pengunduran diri beserta alasannya. Berikut ini adalah contohnya.

‘Dengan hormat,

Bersama ini, saya, Ahmad Mubarokah Rahman, melalui surat ini bermaksud untuk menyampaikan permohonan pengunduran diri dari jabatan staf produksi di PT Jaya Enggal dengan alasan karena ingin menjaga orang tua yang sedang sakit di kampung halaman. Surat pengunduran ini berlaku tertanggal 2 Maret 2018. ‘

2. Isi

Isi pada surat pengunduran diri biasanya berupa ucapan terima kasih atas kesempatan bekerja di perusahaan tersebut dan permintaan maaf apabila selama bekerja terdapat perbuatan atau tutur kata yang tidak baik dan kurang sopan.

Pada bagian ini bisa juga ditambahkan tanggung jawab pemohon sebelum benar-benar meninggalkan perusahaan tersebut.

Berikut adalah contoh bagian isi.

‘PT Sinar Maju adalah perusahaan luar biasa yang pernah saya temui. Bergelut di bidang industri sukucadang sepeda motor, perusahaan ini berusaha untuk memberikan layanan terbaik kepada pelanggan dengan menjaga kualitas dan keramahan pegawainya. Tidak menjadi pertanyaan apabila perusahaan ini menjadi bagian dari top 10 perusahaan terbaik di Indonesia tahun 2018.

Sebuah keberuntungan bagi saya karena selama 4 tahun saya bisa bergabung dan menjadi bagian dari perusahaan luar biasa ini. Dari sini, saya mendapatkan pengalaman yang sangat berharga dan rekan-rekan kerja yang sangat mendukung sehingga kinerja saya menjadi semakin baik setiap waktu. Oleh karena itulah, saya merasa agak kecewa untuk mengajukan permohonan ini.

Saya mengucapkan terima kasih atas kesempatan yang diberikan kepada saya untuk bekerja, belajar, dan berkembang di perusahaan ini sehingga di hari ini saya menjadi pribadi yang luar biasa hebat. Tak lupa saya juga meminta maaf sebesar-besarnya apabila selama menjadi bagian dari perusahaan ini terdapat perilaku dan tindak tutur saya yang kurang sopan.’

3. Penutup

Penutup berisi ucapan terima kasih karena telah menyempatkan untuk membaca surat pengunduran diri tersebut.

Pada bagian ini juga disampaikan bahwa surat pengunduran diri tersebut benar-benar keputusan pemohon sendiri tanpa ada campur tangan atau paksaan dari pihak manapun.

Penutup diakhiri dengan tanda tangan pemohon.

Contoh bagian penutup adalah seperti berikut ini

‘Demikian surat ini saya tulis dengan sebenar-benarnya tanpa ada campur tangan dari pihak manapun.

Atas perhatian Bapak, saya ucapkan terima kasih.’

Tujuan Surat Pengunduran Diri

Tujuan Surat Pengunduran Diri agar cepat diproses
Sumber Gambar: canva.com

Ada beberapa alasan kenapa perlu menggunakan surat pengunduran diri ketika sudah berniat untuk meninggalkan perusahaan tempat bekerja.

Alasan utama adalah tentang sikap profesional.

Seperti halnya ketika kita hendak pulang dari rumah seseorang, surat pengunduran diri ibaratkan pamitan selamat tinggal.

1. Terlihat profesional

Demi menunjukkan sikap profesional dalam bekerja, Anda perlu menekankan nilai-nilai kesopanan.

Salah satu wujud kesopanan tersebut adalah dengan menggunakan surat pengunduran diri ketika hendak mengundurkan diri dari suatu pekerjaan atau jabatan.

Jika Anda mengundurkan diri tanpa menulis surat pengunduran diri, Anda akan dicap tidak profesional dan bisa mempengaruhi reputasi Anda dalam berkarir.

Tetap terlihat profesional adalah modal berharga apabila suatu saat Anda hendak mendaftar di perusahaan lain atau bahkan jika Anda memutuskan untuk bergabung lagi dengan perusahaan tempat Anda mengundurkan diri sebelumnya.

Dengan cara yang baik, Anda akan memiliki kesempatan yang lebih besar untuk diterima.

2. Memberi waktu dan kesempatan untuk hadirnya pengganti

Setelah mengajukan surat pengunduran diri, perusahaan biasanya akan membuka lowongan kerja pada bagian yang Anda tinggalkan.

Tentu dengan adanya surat pengunduran ini menjadikan perusahaan lebih siap dalam menghadapi situasi seperti ini.

Apalagi beberapa surat pengunduran diri biasanya berlaku mulai dari 1 minggu hingga 1 bulan setelah surat tersebut ditulis.

Jadi, perusahaan masih ada waktu untuk mencari karyawan atau posisi pengganti.

Mencari pengganti bukanlah hal yang mudah, apalagi jika dalam sebuah perusahaan Anda adalah orang yang penting dan berpengaruh besar terhadap kemajuan perusahaan.

Terkadang pihak perusahaan akan meminta perpanjangan waktu menjadi beberapa bulan untuk benar-benar mendapatkan pengganti Anda yang memiliki kompetensi yang sama.

3. Meninggalkan kesan baik di mata perusahaan dan rekan kerja

Dengan menggunakan surat pengunduran diri yang baik, yang berisi ucapan terima kasih atas kesempatan serta permohonan maaf atas segala perbuatan yang tidak berkenan, pihak perusahaan akan respek kepada Anda karena mereka merasa memiliki andil dalam membuat Anda menjadi pribadi yang lebih baik.

Nama Anda pun akan terkenang baik dengan situasi seperti ini.

Sebaik-baiknya surat pengunduran diri, sebaiknya tetap diusahakan untuk menyelesaikan tanggung jawab terlebih dahulu.

Keterampilan untuk menulis surat pengunduran diri hanya bagian kecil dari bagian yang lebih besar untuk meninggalkan jabatan dengan lebih baik.

Selama bekerja, Anda juga harus menjaga sikap sehingga ketika surat pengunduran diri diterima pihak perusahaan, nama Anda tidak termasuk pada daftar yang tidak disukai.

Semoga contoh surat pengunduran diri diatas bisa membantu Anda ya!

Leave a Comment