Proposal Penelitian

Tugas akhir atau skripsi, thesis, dan disertasi biasanya dikerjakan mahasiswa guna mengejar gelar baru di tiap jenjang yang dilewati.

Mulai dari S1, S2, hingga S3. Nah, biasanya sebelum mengajukan lima bab lengkap, mahasiswa diharuskan untuk menyusun proposal penelitian untuk menghadapi semprop (seminar proposal).

Masalahnya nih, kendala dalam penyusunan per bab cukup banyak, bahkan mahasiswa kerap menghadapi revisi di sesi-sesi awal pertemuan dengan Dosen Pembimbing.

Oleh karena itu, penting rasanya untuk melihat contoh proposal penelitian kualitatif dan kuantitatif demi mengurangi revisi serta memunculkan ide baru sebagai judul yang hendak diajukan.

Kualitatif

Penelitian kualitatif merupakan sebuah proses pengungkapan fenomena sosial dengan cara mengumpulkan data yang lebih condong pada pertanyaan ‘mengapa’ dan ‘bagaimana’, daripada sekadar ‘apa’.

Biasanya penelitian ini menitikberatkan pada metode deskriptif naratif yang berkaitan erat dengan subjek seperti manusia, budaya, dan alam.

proposal penelitian hukum perdata
illustrated by pexels.com/Janson K
Contoh Judul Penelitian Kualitatif

A. Judul

Peningkatan Kesadaran Siswa SMA Negeri 7 Bandungan Kelas XI dalam Melaksanakan Salat Dhuha

B. Penulis

Anisa Rahmatika Wirasha

C. Jenis penelitian

Karya Tulis Ilmiah

D. Latar Belakang Masalah

Salat dhuha merupakan kegiatan positif yang digalakkan oleh rohis SMA Negeri 7 Bandungan Kelas XI guna mengajak seluruh siswa yang beragama Islam memanfaatkan waktu sebaik mungkin daripada bergosip atau membolos tak jelas.

Dari hasil pengamatan atau observasi dasar, telah didapati bahwa masjid sekolah dipenuhi oleh jemaah putri dibandingkan putra saat menunaikan salat sunnah tersebut.

Sebagian bahkan hanya menumpang tidur atau duduk-duduk di depan masjid untuk berkumpul sembari mengobrol. Padahal, mereka yang sering melaksanakan ibadah dua dua/empat/delapan rekaat terlihat lebih tenang dan memberikan dampak yang teduh pada kegiatan belajar saat di kelas.

Angka siswa yang kerap depresi, apalagi mencontek pun berkurang karena seringnya memperketat diri dengan amalan-amalan baik.

Berdasarkan permasalahan tersebut, penulis bermaksud untuk membuat penelitian kualitatif untuk mendeksripsikan manfaat salat Dhuha bagi mental dan jiwa seorang siswa.

Ada pun judul yang akan diajukan adalah “Meningkatan Kesadaran Siswa SMA Negeri 7 Bandungan Kelas XI dalam Melaksanakan Salat Dhuha”

E. Rumusan Masalah

Seberapa tinggi kesadaran siswa Siswa SMA Negeri 7 Bandungan Kelas XI dalam Melaksanakan Salat Dhuha?

F. Kajian Teori

Salat dhuha merupakan ibadah sunnah yang dikerjakan minimal dua rekaat pada pagi hari. Tepatnya, waktu matahari sudah mulai naik dan paling lambat ketika unta-unta di Mesir merasakan panas, sehingga mereka berdiri dari peraduannya atau bisa juga diartikan dengan pukul 11.00 siang di Indonesia (Selanjutnya bisa dikembangkan sendiri ya)

Dalam kajian teori biasanya berisi pengertian topik yang sedang dibahas (salat dhuha), tata cara salat dhuha, dan lain-lain. Kedua, kita juga perlu memaparkan metode yang digunakan oleh Rohis SMA Negeri 7 Bandungan Kelas XI untuk menarik minat siswa-siswi dalam beribadah dan bagaimana praktik yang dijalankannya.

G. Desain Penelitian

Desain penelitian dalam penelitian kualitatif berupa data hasil olah observasi atau pengamatan yang ditransformasikan ke dalam bentuk paragraf.

H. Informasi Penelitian

Subjek dalam penelitian adalah Rohis Kelas XI SMA dan para siswa SMA Negeri 7 Bandungan.

I. Intsrumen Pengumpulan data

Karena kualitatif, maka teknik pengumpulan data adalah berupa wawancara atau tanya jawab, pengamatan, dan menggunakan dokumentasi.

J. Teknik analisis data

Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian kualitatif bersifat interaktif, artinya penjelasan atau penyajian data, reduksi, dan mengambil simpulan.

K. Teknik pemeriksaan kebenaran atau validasi data (keabsahan data)

Validasi data digunakan untuk menyatakan hasil penelitian valid atau tidak sehingga bisa dipertanggungjawabkan. Dalam teknik kualitatif, kita bisa membandingkan seluruh hasil wawancara, dokumentasi, dan pengamatan sendiri atau biasa disebut dengan triangulasi.

Kuantitatif

Menurut USC (University Southern California), penelitian kuantitatif adalah pengukuran objektif yang menggunakan data berupa angka, bilangan atau numerik, perhitungan matematika, dan sejenisnya.

Peneliti biasanya memanfaatkan data sekunder, yakni mengambil dari berbagai website atau sudah tersedia, kemudian menghitungnya menggunakan software statistik tertentu.

Contoh Judul Penelitian Kuantitatif

A. Judul

Pengaruh Penggunaan Transportasi Pribadi terhadap Angka Kecelakaan Siswa SMP Negeri 2 Bangunrejo Kelas VII-IX

B. Penulis

Rahajeng Wigati Muriot

C. Latar Belakang

Transportasi pribadi yang digunakan oleh siswa-siswi di Kota Ngawi untuk mendukung kegiatan belajar mereka kini dianggap mengundang kontroversi oleh pihak sekolah. Menurut keterangan kepala sekolah SMP Negeri 2 Bangunrejo, pihaknya telah melarang para anak didik mereka berangkat sendiri menggunakan kendaraan roda dua apalagi empat. Namun, pihak keluarga siswa justru menganggap bahwa guru dan Kepala Sekolah memendam sikap paranoid yang terlalu besar.

Mereka, para orang tua menyatakan bahwa kecelakaan yang dialami oleh siswa lain tidak bisa dijadikan dasar untuk menggeneralisasi semua peserta didik. Adapun menurut data 2018 yang dirilis oleh SMP tersebut, setiap bulannya terdapat 19 angka kecelakaan dan 5 diantaranya meninggal atau meningkat sebesar 60%. Hal ini sangat tinggi apabila dibandingkan dengan dua tahun lalu yang masih memanfaatka transportasi umum atau antar-jemput orang tua.

Perbedaan pendapat dan tingginya angka kecelakaan yang dialami oleh siswa di salah satu kota di provinsi Jawa Timur tersebut membuat penulis ingin mengkaji lebih dalam dengan judul “Pengaruh Penggunaan Transportasi Pribadi terhadap Angka Kecelakaan Siswa SMP Negeri 2 Bangunrejo Kelas VII-IX”

D. Pembatasan Masalah

1. Tingginya penggunaan transportasi pribadi oleh Siswa SMP Negeri 2 Bangunrejo Kelas VII-IX”

2. Minimnya pengetahuan akan keselamatan berkendara dari para wali murid

E. Rumusan Masalah

Bagaimana pengaruh Penggunaan Transportasi Pribadi terhadap Angka Kecelakaan Siswa SMP Negeri 2 Bangunrejo VII-IX?

F. Landasan Teori

Landasan teori berisi tentang pengertian transportasi, UU lalu lintas, surat edaran atau peraturan yang dikeluarkan oleh pihak sekolah, dan alasan sejumlah siswa menggunakan kendaraan pribadi. Bisa juga ditambah dengan hasil atau angka terdahulu saat sebelum penggunaan transportasi pribadi kian massive dan keadaan saat ini.

G. Desain Penelitian

Desain penelitian dalam penelitian kuantitatif berupa data angka hasil olah mengumpulkan kuesioner, survey, dan pengisian borang oleh siswa SMP Negeri 2 Bangunrejo VII-IX serta orang tua.

H. Metodologi Penelitian

Subjek dalam penelitian adalah siswa SMP Negeri 2 Bangunrejo VII-IX serta orang tua dan wali murid.

Intsrumen Pengumpulan data:

Karena kuantitatif maka teknik pengumpulan data adalah dengan menyebarkan lembaran atau borang sebagai kuisioner dan hasilnya berupa angka.

Teknik pemeriksaan kebenaran atau validasi data (keabsahan data):

Validasi data digunakan untuk menyatakan hasil penelitian valid atau tidak sehingga bisa dipertanggungjawabkan. Dalam teknik kuantitatif, kita bisa menggunakan sejumlah software pengukur seperti spss, stata, dan sebagaiya.

Skripsi

Bagi mahasiswa tingkat akhir, proposal penelitian skripsi bukanlah persoalan asing.

Apa itu? Yakni merupakan bentuk susunan /rancangan yang telah diajukan oleh mahasiswa berisikan desain penelitian serta pengungkapan masalah dalam beberapa waktu ke depan. Penelitian skripsi ini bisa menggunakan dua data, yakni kualitatif dan kuantitatif.

Tergantung jenis research yang akan dilakukan.

proposal penelitian hukum tata negara
illustrated by rawpixel.com
Contoh Judul Penelitian Skripsi

A. Judul

Analisis Pengaruh Tenaga Kerja Asing terhadap Pertumbuhan Ekonomi Indonesia, Perkembangan Teknologi, dan Pengangguran

B. Latar belakang

Tenaga Kerja Asing atau TKA kerap menjadi momok yang menakutkan bagi rakyat Indonesia karena dikhawatirkan mampu menurunkan kuantitas pekerja dalam negeri sendiri. Menurut sejumlah ilmuwan, tenaga kerja asing yang dibatasi bisa saja menghasilkan kesepakatan yang menguntungkan antara rakyat dan pemerintah.

Namun, masyarakat mengaku tidak suka apabila Indonesia terlalu terbuka terhadap pekerja dari luar negeri karena mengancam eksistensi mereka. Maryadi (2008) menyebutkan bahwa tidak ada korelasi yang kuat antara masuknya pekerja asing dengan calon pencari kerja dalam negeri, karena setiap perusahaan pasti selektif memilih skill dan attitude yang dimiliki oleh calon karyawannya.

Berdasarkan perbedaan sudut pandang dari berbagai kalangan akhirnya membuat penulis ingin meneliti lebih luas tentang pengaruh keempat variabel di atas dengan judul “Analisis Pengaruh Tenaga Kerja Asing terhadap Pertumbuhan Ekonomi Indonesia, Perkembangan Teknologi, dan Pengangguran”

C. Rumusan masalah

1. Bagaimana pengaruh tenaga kerja asing terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia, perkembangan teknologi, dan pengangguran?
2. Bagaimana cara masyarakat bertahan dan bersaing dengan TKA?

D. Tujuan penelitian

Tujuan penelitian berisi ‘apa tujuan’ penelitian ini dilakukan? Hal ini guna menjawab latar belakang masalah yang dikemukakan.

E. Manfaat penelitian

Memberikan gambaran dan mendeskripsikan apa manfaat dilakukannya penelitian ini bagi pembaca dan peneliti selanjutnya di masa depan

F. Landasan Teori

Berisi teori-teori tentang Tenaga Kerja Asing, data TKA pada tahun tertentu, pengertian mengenai pertumbuhan ekonomi Indonesia, dampak teknologi, seberapa besar dampak pengangguran bagi negara dan kaitannya dengan TKA. Juga berisi hipotesis penelitian yang dibuat peneliti sendiri dan kerangka bepikir

Metodologi Penelitian:

Berisi tentang populasi dan sampel, teknik pengumpulan data yang digunakan, alat pengukur atau pengolahan data, dan memasukkan teori pengukuran.

G. Hasil Analisis Data

Berisi hasil olah data yang telah diteliti atau diukur kemudian disejajarkan dengan penemuan-penemuan sebelumnya, apakah positif atau negatif.

H. Simpulan

Berisi kesimpulan yang berasal dari hasil analisa data

I. Daftar pustaka

Berisi sumber referensi yang sebelumnya kita gunakan di dalam proposal itu sendiri.

Ilmiah

Proposal penelitian ilmiah erat kaitannya dengan proses pengukuran khusus yang hanya akan fokus pada teori-teori tentang ilmu pengetahuan dan hipotesis.

Singkatnya, penelitian ini merupakan proses untuk menjelaskan sebuah hipotesis dengan menggunakan ilmu pengetahuan yang dinilai belum mampu dijabarkan oleh logika.

Contoh Judul Penelitian Ilmiah

A. Judul

Hubungan Antara Penduduk Candi Cetho dengan Tingginya Angka Pengunjung atau Wisatawan

B. Latar belakang

Jumlah penduduk yang berada di kawasan Candi Cetho terus meningkat tiap tahunnya. Mereka semua mayoritas adalah penganut Hindu yang religius dan kerap mengadakan berbagai acara di pelataran candi serta patung Dewi Saraswati. Uniknya, setiap pagelaran yang diadakan oleh penduduk sekitar justru mampu mengundang ketertarikan jumlah wisatawan yang mampu meningkatkan perekonomian warga.

Hal ini tentu menguntungkan sekaligus menjadi nilai tambah bagi para penghuni lereng pegunungan lawu di Karanganyar tersebut. Berdasarkan hubungan menarik antar keduanya, maka penulis tertarik untuk mengembangkan penelitian dengan mengajukan judul “Hubungan Antara Penduduk Candi Cetho dengan Tingginya Angka Pengunjung atau Wisatawan”.

C. Rumusan masalah

1. Bagaimana pengaruh Penduduk Candi Cetho dengan Tingginya Angka Pengunjung atau Wisatawan?
2. Bagaimana cara masyarakat meningkatkan pendapatan ekonominya?

D. Tujuan penelitian

Tujuan penelitian berisi ‘apa tujuan’ penelitian ini dilakukan? Hal ini guna menjawab latar belakang masalah yang dikemukakan.

E. Manfaat penelitian

Memberikan gambaran dan mendeskripsikan beberapa manfaat dilakukannya penelitian ini bagi pembaca dan peneliti selanjutnya di masa depan dengan memberikan saran-saran tertentu.

F. Landasan Teori

Berisi teori-teori tentang sejarah masyarakat Candi Cetho, pembukaan jam untuk berwisata di Candi Cetho, fasilitas yang ditawarkan, usaha masyarakat sendiri dalam berkontribusi memajukan wisata lokal daerah, grafik pertembuhuan ekonomi, hipotesis peneliti berdasarkan lapangan, dan sebagainya.

G. Populasi dan Sampel

Berisi tentang berapa koresponden yang jadi sasaran sebagai sumber penelitian utama.

H. Hasil Analisis Data

Berisi hasil olah data berupa keterangan, informasi, dan dokumentasi yang diperoleh dari narasumber utama atau pendukung.

I. Simpulan

Berisi kesimpulan yang berasal dari hasil olah data.

J. Referensi

Berisi nama-nama yang dijadikan sumber pengetahuan dan informasi

PKM Penelitian

PKM Penelitian atau PKM-P juga bisa dikatakan sebagai bagian dari suatu penelitian ilmiah. Hal ini karena jenis pengumpulan data dan maksud peneliti mempunyai karakteristik yang sama.

Seperti mengungkap sebuah fenomena secara ilmiah, menggunakan alat bantu teknologi, pengukuran yang tersusun secara sistematis, dan merumuskan metode atau tekniknya.

Tujuan dari PKM-P sendiri sebenarnya adalah untuk menemukan hubungan kausal di antara objek yang sedang diteliti melalui proses identifikasi dan uji ilmiah.

Contoh Proposal PKM Penelitian

A. Judul

Pemanfaatan Nasi Basi Menjadi Krupuk dan Apem

B. Latar belakang

Nasi merupakan makanan pokok penduduk Indonesia dari dulu hingga sekarang bersamaan dengan jagung serta ketela pohon. Banyaknya konsumsi beras per hari dalam sebuah keluarga tak jarang menyisakan nasi dan menjadikaannya mubazir. Tak ayal, sampah nasi terbilang cukup serius karena menambah kuantitas limbah organik yang berasal dari makanan.

Namun, sebuah komunitas masyarakat di daerah Kaliwungu, Jawa Tengah kini menemukan cara baru agar nasi tidak menjadi bahan buangan yang sia-sia. Mereka menyulapnya menjadi krupuk dan apem dengan menambahkan beberapa bahan seperti tepung tapioka dan sebagainya. Tentu saja penemuan tersebut menarik, ditambah komunitas yang berisi ibu-ibu tersebut mengomersilkan menjadi pendapatan ekonomi.

Hasil olahan nasi dalam aneka ragam makanan sangat menarik untuk diteliti dan dikembangkan ke depannya. Oleh karena itu, penulis ingin mengajukan judul ” Pemanfaatan Nasi Basi Menjadi Krupuk dan Apem”.

C. Bab 1 (Pendahuluan)

Berisi tentang Identifikasi masalah yang berupa rumusan masalah, tujuan penelitian, dan manfaat penelitian.

D. Bab II (Tinjauan Pustaka)

Berisi landasan teori atau data mengenai penggunaan nasi sebagai bahan pokok rumahan yang tidak bisa ditinggalkan, pengolahan atau daur ulang sampah makanan organik, serta rencana pengembangan lanjut.

E. Bab III (Metode Penelitian)

Berisi tentang waktu dan tempat penelitian, bahan serta alat yang diguanakn untuk mengolah nasi menjadi krupuk dan apem, prosedur penelitian, dan sebagainya.

F. Bab IV (Jadwal Kegiatan)

Berisi jadwal, anggaran biaya, dan cara pengolahan.

G. Daftar Pustaka

Berisi sumber informasi yang digunakan sebagai acuan informasi.

Pendidikan

Proposal penelitian pendidikan terdiri dari beragam jenis subjek, seperti geografi, olah raga, bahasa, ekonomi, dan masih banyak lagi. Kalau menyinggung masalah pengertiannya, maka bisa diartikan sebagai sebuah analisis dan pengelompokan data yang berakitan erat dengan bidang pendidikan seperti debat teori, kebijakan suatu hukum, dan punya argumen kuat untuk mengkritisi perihal tertentu.

Contoh Proposal Penelitian Pendidikan

A. Judul

Mengukur Besarnya Pengaruh Pilihan Siswa Kelas 2 Sekolah Menengah Pertama terhadap Jurusan yang Diambil

B. Penulis

Ronny Brasta Dwiguna

C. Jenis penelitian

Karya Ilmiah

D. Prodi

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

E. Pembimbing

Marya Ulpha S. Pd ., M. Pd

F. Latar belakang

Penjurusan seringkali ditentukan pada saat anak Sekolah Menengah Pertama menginjak kelas dua. Jurusan tersebut terdiri dari tiga subjek yakni IPA, IPS, dan Bahasa. Mereka yang senang akan sains dan matematika bisa memilih IPA, sementara bagi penggemar sosial dan geografi dapat masuk ke IPS. Bahasa dapat diambil oleh mereka yang suka akan budaya dan perbedaan bahasa di berbagai negara.

Penentuan atau pemilihan jurusan dimaksudkan agar siswa mampu mengenali karakter berpikirnya, seperti misalya kira-kira ia akan condong pada alam, sosial, atau bahasa. Namun sayangnya, tidak semua siswa berlandaskan pada apa yang ia ingin gali, melainkan gengsi dan stigma pihak sekolah pada suatu jurusan.

Akibatnya, mereka tidak benar-benar menguasai apa yang sedang dipilihnya. Kedua harapan yang berbeda antara maksud sekolah dan siswa mencetuskan ide untuk penulis guna meneliti seberapa besar hubungan keduanya. Oleh karena itu judul yang akan diajukan adalah “Mengukur Besarnya Pengaruh Pilihan Siswa Kelas 2 Sekolah Menengah Pertama terhadap Jurusan yang Diambil”.

Contoh Proposal Penelitian Pendidikan untuk karya tulis

A. Judul

Kontrasnya Konsep Pendidikan Siswa di Indonesia Versus Kurikulum Luar Negeri yang Dianggap Memajukan Pola Pikir serta Bakat Anak

B. Penulis

Dayinta Srijiana Umbro

C. Jenis penelitian

Karya Ilmiah

D. Prodi

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

E. Pembimbing

Danar Hadi S. Pd., M. Pd

F. Latar Belakang

Pendidikan seharusnya melahirkan manusia yang berakal, berpikir, dan berbudi luhur seperti yang dicita-citakan oleh salah satu pahlawan bangsa, K.H Dewantara. Berbanding lurus, mereka yang cepat tumbuh dalam dunia pendidikan adalah anak-anak atau siswa luar negeri yang tinggal di barat seperti Eropa, seperti Jerman, Finlandia, Inggris, dan masih banyak lagi.

Hal ini dikarenakan konsep pendidikan Eropa benar-benar dilakukan secara bertahap, yakni mulai dari playgroup untuk menumbuhkan jiwa bahagia pada anak-anak, kemudian bersosialisasi, kalistung, mengenal sejumlah teori, memasukkan ke dalam sekat-sekat subjek sesuai dengan passion, lalu praktik.

Struktur tersebut sudah digunakan dari sejak anak-anak masih berusia 4 tahun hingga duduk di bangku Sekolah Menengah Atas. Walhasil, generasi mereka tumbuh lebih cepat dan mampu mengenali dirinya sendiri. Berbeda dengan Indonesia, hampir 12 tahun lamanya metode yang digunakan adalah belajar, menghafal, dan ujian. Proses yang terbilang diulang-ulang sehingga sampai usia dewasa mereka baru menemukan jati diri, skill, dan passion saat menginjak akademik Universitas.

Kontrasnya konsep tersebut sangat menarik bagi penulis untuk meneliti lebih dalam lagi tentang dunia pendidikan di Indonesia. Maka dari itu, penulis membuat judul “Kontrasnya Konsep Pendidikan Siswa di Indonesia Versus Kurikulum Luar Negeri yang Dianggap Memajukan Pola Pikir serta Bakat Anak”.

Contoh latar belakang proposal penelitian

Latar belakang penelitian menjadi kunci pembuka dari sebuah proses pengungkapan data.

Hal ini dikarenakan latar belakang berisi alasan-alasan tertentu, mengapa peneliti harus melakukan penelitian tersebut.

Lebih dari itu, latar belakang dijadikan sebagai acuan hipotesis manakala ingin menjelaskan suatu hasil analisis pada pembaca

proposal penelitian lengkap dengan strukturnya
cover illustrated by id.scribd.com
Contoh Latar Belakang Proposal Penelitian untuk Skripsi

Hoax merupakan kebohongan atau kesengajaan yang dibuat oleh oknum tertentu, baik melalui teks atau pun secara langsung guna mencari sensasi dan perhatian publik. Menurut Edward (2011), hoax sangat berbahaya dalam menentukan relativitas komunikasi antara dua pihak yang sedang berada dalam keadaan genting.

Selain itu, informasi yang dibuat demi memuluskan kepentingan tertentu akan menciptakan opini di tengah masyarakat yang berakibat fatal. Seperti perdebatan yang tak kunjung usai, memantik cara berpikir seseorang yang mengarah pada ‘logical fallacy’, dan keributan verbal.

Beberapa agenda di dunia ini telah terlaksana dengan adanya hoax yang dilempar ke masyarakat, sehingga fokus mereka mulai terguncang (Klark, 2009). Akibatnya, perpecahan terjadi dan terbentuklah dua kubu untuk memilih calon pemimpin negara.

Meminimalisasi hoax bukan perkara mudah, bahkan sejumlah pihak termasuk pemerintah dan layanan masyarakat gencar menggalakkan anti hoax dan mengecek informasi sebelum disebarkan.. (Selanjutnya bisa dilajutkan sendiri sesuai dengan judul dan rumusan masalah yang hendak akan dibahas).

Sederhana

Seperti namanya, proposal penelitian sederhana tidak banyak menggunakan instrumen seperti jenis lainnya.

Proses pengumpulan data bisa dilakukan secara ilmiah dan menggunakan referensi yang sudah tersedia untuk dijadikan acuan.

Hanya saja peneliti dituntut untuk berpikir kritis, logis, dan bisa menjelaskan masalah secara runtut berdasarkan langkah-langkah praktis yang diambil.

Contoh Proposal Penelitian Sederhana

A. Judul

 Khasiat Lidah Buaya yang Dipertanyakan oleh Seluruh Wanita Pemilik Kulit Sensitif

B. Penulis

Govijra Simon Aucksstin

C. Pembimbing

 Endang Jurumiyah S. K.M

D. Latar Belakang

Lidah buaya atau lebih dikenal dengan aloe vera sangat happening belakangan ini. Berbagai brand bahkan berlomba-lomba membuat versi mereka sendiri dengan mempromosikan manfaat luar biasa bagi para konsumennya, terutama wanita.

Namun pada kenyataannya, lidah buaya tidak selalu cocok digunakan oleh pemilik kulit sensitif meski diklaim tidak menimbulkan risiko seperti alergi atau iritasi. Banyak perempuan mengaku gatal dan wajahnya memerah usai mengoleskan lidah buaya ke wajah.

Mendengar adanya perbedaan klaim antara produsen dan konsumen, penulis bermaksud untuk menyusun penelitian sederhana yang berjudul “Khasiat Lidah Buaya yang Dipertanyakan oleh Seluruh Wanita Pemilik Kulit Sensitif”

Struktur proposal penelitian sederhana dimulai dari Pendahuluan.

Kemudian diikuti Bab 2 berupa Tinjauan Pustaka yang berisi landasan teori. Bab 3 Desain penelitian atau koresponden yang jadi sumber penelitian. Setelah itu Kesimpulan dan Daftar Pustaka.

Contoh kata pengantar proposal penelitian

proposal penelitian lingkungan sekolah
cover illustrated by slideshare.net
Contoh Kata Pengantar Proposal Penelitian

Puji syukur kehadirat Allah Subhanahu Wa Taa’la yang telah melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya sehingga penulis dapat menyusun skripsi ini dengan lancar dan sampai selesai. Skripsi ini ditulis guna memenuhi syarat untuk mencapai gelar Sarjana Ekonomi Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Diponegoro.

Penulisan skripsi ini, penulis mengambil judul l “Pengaruh Tata Ruang dan Lingkungan Hijau sebagai Lahan Bebas Makhluk Hidup di Masa Depan”.

Penulis menyadari dalam bahwa selama penyusunan skripsi ini tidak lepas dari bantuan berbagai pihak dan kalangan. Oleh karena itu, rasa terima kasih disampaikan kepada:

  1. Aryo Teguh Massaidi, M.Si selaku Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Diponegoro
  2. Haryanto Finanda Jatmiko, M.Si., Ak., selaku Ketua Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Diponegoro
  3. Dr. Sabinyantika, M.Si, C.A. Ak. selaku Pembimbing Akademik yang dengan sabar telah memberikan bimbingan dan pengarahan secara detail selama masa studi penulis.
  4. Arinda Kaima Yesslen M.Prof Acc. Ph.d, Ak. selaku dosen pembimbing skripsi yang telah berbagi pengalaman dan ilmu pengetahuannya selama ini untuk penulis.
  5. Teman-teman di Komunitas Pecinta Alam dan Lingkungan yang senantiasa menemani dalam proses pengerjaan skripsi.

Singkat

Proposal penelitian singkat agak mirip dengan sederhana.

Perbedaannya adalah pada bagaimana peneliti mengungkapkan sebuah peristiwa tertentu dengan cara yang lebih padat serta langsung on to the point.

Contoh Proposal Penelitian Singkat

Contoh proposal penelitian singkat untuk karya ilmiah

A. Judul

 Manfaat Mematikan Lampu untuk Meningkatkan Kualitas Tidur dan Menghemat Listrik

B. Penulis

Arinda Vidya Sari

C. Jenis penelitian

Karya Ilmiah

D. Prodi

D3/ Kesehatan Masyarakat

E.Pembimbing Eka Kurniasih S. K.M

F. Latar Belakang

Mematikan lampu sebelum tidur merupakan salah satu kebiasaan baik yang harus dijadwalkan secara rutin. Menurut sebagian peneliti, keadaan ruang yang gelap mampu membuat suasana lebih dingin karena daya lampu mampu menghasilkan panas yang bisa menganggu kenyamanan seseorang untuk memejamkan mata secara cepat.

Terlebih, dampaknya dianggap lebih baik bagi alam dan lingkungan. Akan tetapi, beberapa hasil studi tak kalah teoritisnya bahwa belum ada hasil konkrit yang menyatakan bahwa kondisi lampu mati dan tingkat kenyamanan seseorang sarat dengan manfaat.

Mendengar adanya perbedaan yang timbul di antara penelitian-penelitian sebelumnya, penulis bermaksud untuk membuat komparasi serupa melalui penelitian singkat yang berjudul “Manfaat Mematikan Lampu untuk Meningkatkan Kualitas Tidur dan Menghemat Listrik”

Struktur proposal penelitian singkat tidak berbeda dengan yang lainnya, tetapi poin utama halaman sangat menentukan.

Dimulai dari Pendahuluan yang berisi latar belakang, rumusan masalah, tujuan penelitian, manfaat penelitian, dan lain-lain.

Diikuti Bab 2 berupa Tinjauan Pustaka yang berisi landasan teori serta penelitian sebelumnya, pembahasan, dan langsung simpulan, serta daftar pustaka. Atau untuk tingkat Sarjana (S1), bisa juga mengisi Bab 3 dengan metodologi penelitian, Bab 4 yakni Hasil Analisis atau Hasil Penelitian, Bab 5 diisi kesimpulan.

Terakhir adalah Daftar Pustaka dan halaman paling belakang adalah lampiran atau tambahan file yang tidak dilampirkan ke 5 bab sebelumnya.

Contoh judul proposal penelitian

proposal penelitian manajemen pemasaran
cover illustrated by slideshare.net
Contoh Judul Proposal Penelitian

Berikut contoh judul proposal yang bisa dijadikan sampel atau mungkin menginspirasi:

  • Pengaruh Pemberitaan Media Online terhadap Kesehatan Mental dan Jiwa Anak Muda Indonesia
  • Membedah Penyebab Pelecehan dan Kekerasan Seksual sebagai Cara Untuk Melindungi Generasi Emas di Masa Mendatang
  • Manfaat Mengikuti Studi di Luar Negeri dan Pengaruh Perbedaan Kurikulum dalam Memandang Sebuah Passion & Skill
  • Bahaya Penggunaan Plastik, Pupuk Kimia, dan Tissue terhadap Global Warming, Terutama Climate Change
  • Perbedaan Opini Perihal Ekstrimis Sayap Kanan dan Radikalisme yang Mengatasnamakan Agama serta Ras
  • Khasiat Teh Hijau, Lemon, dan Kurma Merah China sebagai Penyetabil Tekanan Darah dan Memperlancar Asi
  • Membandingkan Fashion 80-an dan 90-an dengan Pembaruan Gaya ala Millenial: Studi Kasus Mahasiswa UNS Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Jurusan Manajemen Angkatan 2015
  • Analisis Pengaruh Metode Pendidikan Barat terhadap Tumbuh Kembang Anak yang Lahir Dari Orang Tua Dua Kewarganegaraan
  • Menguliti Pembenaran Masyarakat terhadap Pola Pikir Wanita Zaman Dulu dan Pandangan Feminisme yang Dikenal Tidak Selalu Sejalan dengan Hukum Agama
  • Menghalau Vandalisme Melalui Sosialisasi dan Penumbuhan Kreativitas serta Penyediaan Sarana dalam Berkarya
  • Menguak Sisi Romantisme Kota Bandung Melalui Survey Masyarakat yang Menggunakan Ruang Publik untuk Bersantai dan Menikmati Family Time Bersama
  • Pandangan Penikmat Musik Indonesia terhadap Fans K-POP yang Terbilang Loyal serta Bucin (Budan Cinta)
  • Mengupas Pelecehan Seksual secara Verbal yang Secara Tidak Sadar Dilakukan oleh Pengguna Internet di Media Sosial Tahun 2018
  • Fungsi Mematangkan Sisi Psikologi bagi Setiap Pasangan yang Hendak Memutuskan Menikah
  • Pro dan Kontra Keputusan CEO GO-JEK Indonesia Dalam Melakukan Take Down Kepada Para Driver-nya Secara Sepihak Tanpa Kompromi
  • Mengamati Keuntungan dan Kerugian Pada Bursa Efek Indonesia (BEI) dan Korean Exchange (KRX) Tahun 2018
  • Kelebihan Perusahaan Go Public dan Go Private di Mata Pemilik Saham
  • Efektivitas dan Efisiensi Penggunaan Plastik Bio sebagai Material Mudah Hancur serta Terdaur Ulang
  • Penanggulangan Sampah Plastik di Wilayah Sumatra, Bali, dan Jawa Melalui Edukasi Morala kepada Penduduk
  • Analisis Hukum Penetapan Korban Pelecehan Seksual dan Prostitusi sebagai Rangkaian yang Complicated
  • Manfaat Daun Kelor dan Sembukan untuk Mengatasi Penyakit Diabates serta Darah Tinggi bagi Lanjut Usia
  • Dampak Pelecehan Seksual Pada Mahasiswa dan Mahasiswi Kampus terhadap Reputasi Kampus : Studi Kasus Universitas Gadjah Mada Tahun 2018
  • Pengaruh Signifikan Jenis Musik terhadap Pola Pikir dan Kualitas Tidur Manusia
  • Khasiat Obat Tradisional sebagai Metode Penyembuhan ala Rasulullah Salallahu Alaihi Wassalam Sekligus Mencegah Ketergantungan terhadap Obat Kimia

Sosial

Proposal penelitian sosial pada umumnya bersifat kualitatif, tetapi ada pula yang mengategorikannya ke dalam kuantitatif.

Hal ini didasarkan pada jenis penelitian dan sasaran subjek yang dituju.

Dalam pengertiannya, penelitian sosial merupakan sebuah metode yang dilakukan secara tersistem/terorganisir, bersifat ilmiah, dan logis dengan tujuan agar mampu mendapatkan hasil yang sesuai kebutuhan masyarakat/peneliti itu sendiri.

proposal penelitian game online
illustrated by pexels.com/djordje petrovic
Contoh Proposal Penelitian Singkat

A. Judul

Penyebab Kasus Pelecehan Seksual Meningkat dan Dampaknya terhadap Grade Universitas di Indonesia

B. Latar belakang

Pelecehan seksual merupakan tindakan amoral yang dilakukan oleh seseorang pada orang lain dengan maksud memenuhi tujuannya sesaat. Perilaku menyimpang ini biasanya dilakukan dengan cara menyentuh bagian tubuh korban, melayangkan ucapan tak senonoh, dan beberapa hal yang mengarah pada aktivitas sensual baik verbal maupun non verbal.

Baru-baru ini, kasus pelecehan seksual kembali mencuat ke permukaan publik usai beberapa Universitas di Indonesia kedapatan mencoba menutupi tindak asusila tersebut. Hal ini menurut sejumlah pihak dari kalangan akademisi biasa saja, mampu menurunkan grade kampus di mata para calon mahasiswa dan sejumlah orang tua, serta menodai dunia pendidikan.

Berbanding terbalik, tidak sedikit masyarakat terutama dari kalangan perempuan menilai sembari mengritik bahwa tindakan menutupi atau berlindung dibalik nama ‘pendidikan’ merupakan suatu hal yang tidak masuk akal serta mampu menumbuhkan kasus serupa lainnya. Perbedaan pendapat atau sudut pandang inilah yang membuat penulis ingin meneliti dan mengkaji lebih luas kasus ini dengan judul “Penyebab Kasus Pelecehan Seksual Meningkat dan Dampaknya terhadap Grade Universitas di Indonesia”

C. Rumusan masalah

1. Bagaimana aktivitas atau perilaku pelecehan seksual di lingkungan Universitas bisa terjadi?
2. Apa sebenarnya penyebab utama para pelaku seolah tidak berhenti melakukan tindakan asusila pada mahasiswa atau temannya sendiri?
3. Mengapa pelecehan seksual tidak ditindaklanjuti secara khusus?

D. Tujuan penelitian

1. Mengetahui seberapa besar dampak pelecehan seksual apabila tidak ada kejelasan hukum
2. Memberikan solusi atas kasus pelecehan seksual yang terjadi secara masif
3. Memberikan pertimbangan, baik dari segi hukum dan pencegahan atau penghilangan traumatis diri terhadap niat jahat yang mengarah pada perilaku amoral

E. Manfaat penelitian

1. Memberikan gambaran bahwa penelitian ini bisa dikembangkan dan dijadikan acuan sebagai bahan penelitian selanjutnya
2. Memberitahu apa saja penyebab pelecehan seksual serta seberapa besar dampaknya terhadap grade Universitas dan psikis korbanKajian Pustaka dan Kerangka

F. Teori

Berisi teori dan data tentang kasus pelecehan seksual dengan menyertakan catatan kaki atau referensiMetode penelitian:
Berisi tentang lokasi, waktu, dan tempat atau metode penelitian yang digunakan, apakah primer (langsung) atau sekunder (secara tidak langsung)?

G. Hasil analisa data
Berisi tentang teknik pengumpulan data, ringkasan pengolahan, hasil analisa yang sudah diuji

H. Simpulan

Berisi kesimpulan yang berasal dari hasil analisa data

I. Daftar pustaka
Berisi sumber referensi yang sebelumnya kita gunakan di dalam proposal itu sendiri.

Kesehatan

Proposal penelitian kesehatan juga rata-rata berbentuk kualitatif.

Metode penelitian ini berfungsi untuk mengungkap suatu kejadian atau persoalan yang berkaitan erat dengan dunia kesehatan.

Tentunya peneliti harus bersikap kritis, logis, dan punya rasa tanggung jawab yang tinggi karena bidang ini tidak ringan, menyangkut banyak kepentingan hajat hidup orang banyak.

Contoh Proposal Penelitian Kesehatan

A. Judul

Pengaruh Kerokan terhadap Kesehatan Kulit dan Mengembalikan Kondisi Tubuh yang Sakit Secara Cepat

B. Latar belakang

Kerokan atau juga pengobatan tradisional, dikenal sebagai upaya penyembuhan masuk angin yang diturunkan secara turun-temurun dari nenek moyang sejak zaman dahulu di pulau Jawa, khususnya Jawa Tengah. Tren ini mulai meluas setelah beberapa penelitian membuktikan bahwa cara untuk menyembuhkan masuk angin dan memperlancar peredaran darah adalah dengan melakukan kerok di punggung belakang secara merata menggunakan minyak.

Gerakannya pun harus dilakukan secara urut mulai dari leher ke samping, dari tengah bagian pinggir dalam ke kanan & ke kiri. Tentu saja praktik ini tidak boleh terbalik atau sembarangan agar tidak terjadi salah saraf yang mengakibatkan kesakitan pada saraf. Sejalan dengan para peneliti, sederet perawat dan bidan pun juga setuju bahwa kerokan bisa jadi alternatif terbaik untuk mengatasi beragam masalah penyakit seperti batuk, pilek, sakit lambung, dan sejenisnya. Bahkan dinilai lebih ampuh daripada obat.

Kendati demikian, tidak sedikit kalangan yang merasa kesakitan saat dikerok menggunakan koin dan berpendapat bahwa aktivitas tersebut mampu membuat pori-pori kulit membesar. Akibatnya, makin sering seseorang melakukan kerokan, maka makin mudah ia terkena masuk angin.

Pendapat tersebut akhirnya menuai pro dan kontra di kalangan masyarakat, yang mengakibatkan beberapa orang menjadi takut untuk kembali memanfaatkan koin serta minyak guna mengobati sakit mereka. Berdasarkan perbedaan sudut pandang yang terjadi di antara sejumlah jajaran, maka dari itu penulis ingin meneliti lebih dalam lagi dengan judul “Pengaruh Kerokan terhadap Kesehatan Kulit dan Mengembalikan Kondisi Tubuh yang Sakit Secara Cepat”.

C. Rumusan masalah

1. Apa pengaruh kerokan bagi kesehatan kulit apabila dilakukan dalam jangka waktu yang panjang?
2. Apakah kerokan sangat efektif dalam menyembuhkan masuk angin serta mengembalikan kesehatan tubuh?
3. Bagaimana cara atau metode yang benar saat berkerokan?

D. Tujuan penelitian

1. Mengetahui manfaat dan dampak kerokan pada kulit jika dilakukan terlalu sering atau menjadikannya sebagai alternatif utama
2. Mengkaji ulang dan memberikan fakta lebih terkait kerokan yang bisa menyembuhkan masuk angin
3. Memberikan pengetahuan dan tata cara berkerokan yang baik serta benar agar tidak terjadi salah saraf atau luka pada tubuh bagian dalam

E. Manfaat penelitian

1. Memaparkan sejumlah penemuan dan penelitian baru tentang pengaruh kerokan terhadap tubuh manusia
2. Memberikan gambaran agar bisa menjadi bahan acuan untuk penelitian yang akan datang
3. Memberikan saran pada masyarakat untuk melakukan kerokan dengan cara yang benar dan tidak sakit

F. Kajian Pustaka dan Kerangka Teori

Mengungkap segudang teori tentang kerokan, manfaat, dan asal muasal sejak dulu pada pembaca disertai dengan referensi yang sudah valid. Artinya penelitian yang digunakan sebagai acuan adalah informasi yang bisa dipertanggungjawabkan. Tidak hanya itu, kerangka teori juga bisa berupa bagan yang menunjukkan hipotesis peneliti.

G. Metode penelitian
Berisi tentang jumlah koresponden atau sampel, jenis penelitian yang digunakan, dan metode pengukuran yang hendak digunakan untuk meneliti.

H. Hasil analisa data
Berisi tentang hasil olah uji data, grafik atau diagram, penarikan masing-masing hasil olah data dengan hipotesis (positif atau negatif).

I. Simpulan
Memuat hasil seluruh olah data yang dirangkai ke dalam dua paragraf atau lebih.

J. Daftar pustaka
Berisi sumber referensi yang sebelumnya kita gunakan di dalam proposal itu sendiri.

Contoh cover proposal penelitian

sumber foto: id.scribd.com
proposal penelitian bab 4
Cover photo by slideshare.net
proposal penelitian b indo
Cover photo by slideshare.net
proposal penelitian b.inggris
Cover photo by slideshare.net
proposal penelitian cara belajar siswa berprestasi
Cover photo by slideshare.net
proposal penelitian tanaman cabai rawit
Cover photo by slideshare.net
proposal penelitian tanaman cabai 2010
Cover photo by slideshare.net
proposal penelitian kualitatif contoh
Cover photo by id.scribd.com
proposal penelitian dosen
Cover photo by id.scribd.com
proposal penelitian dikti
Cover photo by academia.edu
proposal penelitian deskriptif
Cover photo by cellcode.us
proposal penelitian empiris
Cover photo by academia.edu

Tindakan kelas

Proposal tindakan kelas yaitu sebuah proses pengkajian yang bersifat langsung dengan maksud mampu meningkatkan kualitas/mutu belajar siswa terhadap suatu penerapan metode tertentu.

Tindakan kelas juga mendeskripsikan tentang berbagai jenis kegiatan yang hendak dipilih oleh peneliti untuk mendukungnya selama proses pengujian.

Contoh Proposal PenelitianTindakan Kelas

A. Judul

Upaya Peningkatan Kreativitas SD kelas VI dengan Metode Menggambar Bebas Berkonsep Outdoor

B. Latar Belakang

Kreativitas yang sering luput diperhatikan oleh guru pada anak sejak dini membuat mereka kesulitan untuk mengenali definisi skill dan passion dalam diri sendiri. Lebih dari 43% anak-anak Indonesia bahkan kebingungan akan menjadi apa di masa depan. Usai lulus dari perguruan tinggi, mereka hanya melakukan pekerjaan-pekerjaan yang menguntungkan tanpa mengetahui bakat bahkan minatnya sendiri, padahal hal tersebut penting.

Menurut sejumlah studi, kreativitas seorang anak mampu mengendalikan tingkat kebahagiaan suatu lingkungan dan bisa menggebrak dunia kerja tanpa perlu menjadi follower, sebaliknya adalah pioneer. Oleh karena itu, menggali kreativitas agaknya harus dimulai dari sekarang sebelum mereka melanjutkan kiprahnya untuk belajar tentang pengetahuan lebih dalam (selanjutnya bisa dikembangkan sendiri ya)

C. Identifikasi Masalah

1. Kreativitas murid agak rendah

2. Guru sulit membaca karakteristik murid

3. Siswa hanya berpegang pada hal-hal bersifat abstrak

4. Siswa kerap mengeluh dalam melakukan hal-hal yang berkaitan dengan skill maupun passion 

D. Pembatasan Masalah

Peningkatan kreativitas siswa mengambil subjek penelitian yaitu murid SD Negeri Padjajaran Barat Daya, Kalimantan Barat kelas VI yang berjumlah 54 siswa. Dalam pengembangan materi yang akan digunakan oleh peneliti sebagai media adalah menggambar bebas dengan konsep outdoor yang mempersilakan para siswa secara mandiri melakukan pengamatan objek sekitar lalu mempresentasikannya dalam suatu gambar.

E. Rumusan Masalah

Apakah dengan mengajak siswa menggambar berkonsep outdoor mampu memancing bahkan mengembangkan tingkat kreativitas mereka?

F. Tujuan Penelitian

Mencari tahu letak minat, bakat, cara bepikir, dan tingkat kreativitas siswa SD Negeri Padjajaran Barat Daya, Kalimantan Barat.

G. Kajian Teori

Dalam kajian teori, Anda bisa memasukkan teori-teori yang berkaitan dengan kreativitas dan sistem pembelajaran Sekolah Dasar

H. Metodologi Penelitian

Pada bab ini berisi tentang subjek maupun objek penelitian, tempat, dan waktu pelaksanaan penelitian.

I. Prosedur Penelitian

Pada prosedur penelitian, Anda bisa mengisinya dengan skema, tahapan, atau rencana eksekusi dalam penelitian

J. Teknik Pengumpulan Data

Penelitian ini menggunakan dokumentasi, observasi, dan penilaian

K. Analisis Data

Sama dengan penelitian lainnya, tahap analisis merupakan cara peneliti mengambil hasil penelitiannya

L. Daftar Pustaka

Berisi daftar pustaka dari seluruh referensi yang Anda atau kamu gunakan.

[/sub_box]

Metode Penelitian

Metode penelitian merupakan suatu teknik yang digunakan oleh peneliti selama proses penyidikan atau investigasi berlangsung.

Metode ini terdiri dari beberapa instrumen seperti jenis, desain, dan alat ukur penelitian.

proposal penelitian judul
illustrated by slideshare.net
Contoh Proposal Metode Penelitian

Hampir sama dengan metodologi penelitian, tetapi metode penelitian biasanya terdiri dari

A. Judul

Pengaruh Limbah Pembuangan Jarum Suntik oleh Rumah Sakit Adi Permana terhadap Kesehatan Lingkungan Desa Wonorejo

Berdasarkan judul di atas, maka skemanya adalah

B. Lokasi penelitian

Dalam penyusunan skripsi ini, penulis melaksanakan penelitian yang berlokasi di Desa Wonorejo, Kecamatan Baturetwno, Kabupaten Wonogiri Barat, Kota Wonogiri . Desa ini berada di samping Rumah Sakit Adi Permana sebagai penyedia layanan kesehatan bagi masyarakat dan dikonfirmasi telah membuang limbah jarum suntik di TPS (Tempat Pembuangan Sampah) Wonorejo.

C. Jenis dan Pendekata Penilitian

Penilitian ini terstruktur dan menggunakan skema yang runtut sehingga penulis memilih metode kualitatif untuk memecahkan masalah terkait. Menurut Hezelman (2008) metode kualitatif adalah pengumpulan data yang diperoleh berdasarkan analisa pengamatan atau observasi, dokumentasi, sesi wawancara, dan pelibatan narasumber.

D. Jenis dan Sumber Data

Data yang dimanfaatkan oleh penulis adalah berupa kualitatif yakni berdasarkan keterangan atau pengalaman dari narasumber yang dijadikan pusat informasi. Sedangkan data yang digunakan adalah primer yakni diperoleh secara langsung dengan wawancara atau pengajuan pertanyaan pada narasumber.

PKM Penelitian yang Didanai Dikti

PKM penelitian yang didanai dikti sifatnya sangat terperinci, detail, dan butuh proses panjang karena pelaksanannya menggabungkan beberapa teknik serta metode.

Kendati demikian, peneliti bebas hendak memilih subjek maupun objeknya.

Berikut beberapa judul PKM yang didanai dikti dan bisa dijadikan ide atau acuan dalam proses pembuatannya:

  • (Beras Sagu) Penganan Produksi Lokal yang Berkhasiat Mengendalikan Penyakit Diabetes atau Mengatur Gula Darah
  • Laundry Syariah, Pemisahan Pengelolaan Pakaian Kotor Sesuai Hukum Syara
  • One Touch-Skip, Program Pelaporan Insiden Kecelakaan Berbasis Teknlogi Smartphone yang Dinilai Lebih Cepat serta Efisien
  • Teh Sambiloto, Teh Berkhasiat Pencegah Berbagai Penyakit Kronis dalam Tubuh
  • LOtoIn: Inovasi Buah Lokal dan Organik yang Diekspor ke Mancanegara dengan Standar Internasional
  • Sedot Bambu, Sedotan Non-Plastik Sederhana dan Mengurangi Limbah Tidak Terurai

Metodologi Penelitian

Metodologi penelitian sering disebut juga dengan metode penelitian meskipun keduanya sedikit berbeda.

Metode lebih cenderung pada suatu cara atau teknik yang ditempuh peeliti dalam melakukan pengumpulan data.

Sedangkan metodologi berarti suatu perangkat sistem yang dibatasi oleh aturan serta prinsip tertentu.

Dibandingkan dengan metode, metodologi cakupannya lebih besar & luas karena berkenaan dengan pemecahan suatu masalah, alat bantu, tugas, dan masih banyak lagi.

proposal penelitian jurnalistik
illustrated by slideshare.net
Contoh Proposal Metodologi Penelitian

A. Populasi dan Sampel

Pengujian hipotesis bertujuan untuk mengetahui seberapa besar tingkat pengaruh penggunaan transportasi pribadi terhadap kedisiplinan kerja para karyawan PT Bhayangkaarankara Indonesia tahun 2018. Menurut Abdli (2007) populasi adalah kumpulan subjek yang akan penulis jadikan sumber informasi dan melalui serangkaian proses investigasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pekerja dan staff di PT Bhayangkarankara Indonesia, sedangkan sampel adalah bagian dari jumlah dan karakteristik yang dimiliki oleh populasi tersebut (Sugiyono, 2010:117).

Berikut adalah kriteria yang digunakan untuk memilih sampel.

  1. Kendaraan pribadi para pekerja dan staff PT Bhayangkaraarankara.
  2. Jumlah absensi yang datang tepat waktu pada tahun 2007.
  3. Para pekerja yang berkeluarga

Poin selanjutnya bisa diisi dengan variabel dan sebagainya, disesuaikan saja dengan jenis penelitian yang dilakukan.

Ekonomi

Proposal penelitian ekonomi merupakan suatu proses pemecahan atau bahkan pengungkapan fenomena-fenomena yang berhubungan erat dengan bidang ekonomi.

Peneliti biasanya menggunakan data yang bersifat kuantitatif dan sekunder.

Penelitian ini dilakukan dengan memanfaatkan alat ukur berupa software atau aplikasi khusus yang dianggap dapat memberikan hasil akurat.

proposal penelitian gizi kesehatan masyarakat
illustrated by pexels.com/fotografierende
Contoh Proposal Penelitian Ekonomi

1. Contoh proposal penelitian ekonomi untuk karya tulis ilmiah

A. Judul

Analisis Pengaruh Perusahaan Menjadi Go Private Usai Go Public Terhadap Ekspansi Usaha

B. Latar belakang

Perusahaan go private atau biasa disebut juga dengan private company kini mulai dilirik oleh sejumlah pemilik perusahaan. Pasalnya, perusahaan tertutup condong pada penguasaan aset dan laba tanpa harus takut menanggung tingginya risiko saham dikuasai oleh investor, seperti yang terjadi pada perusahaan terbuka atau go public.

Selain itu, perusahaan tak perlu mengeluarkan pembiayaan untuk membayar para konsultan akuntansi atau untuk memperbaiki struktur laporan keuangan. Namun, tahun 2019 ini justru banyak perusahaan yang sempat go public berubah menjadi go private dengan alasan kondisi keuangan sudah stabil. Mengingat, jika sebuah usaha menerapkan kompani tertutup, maka untuk memperluas usaha ke berbagai belahan dunia akan tampak sulit.

Berdasarkan gejolak dan hasil studi kasus di lapangan berbeda-beda, maka penulis ingin meneliti tentang jenis perusahaan dan pengaruhnya terhadap ekspansi pasar dengan judul “Analisis Pengaruh Perusahaan Menjadi Go Private Usai Go Public Terhadap Ekspansi Usaha”

2. Contoh proposal penelitian ekonomi untuk skripsi

A. Judul

Hubungan Penggantian Minyak Kelapa Sawit dengan Kelapa dan Jagung Turut Menentukan Nasib Para Petani

B. Latar Belakang

Makin meluasnya wilayah dan area perkebunan kelapa sawit di Indonesia turut mengundang keprihatinan di kalangan anak muda yang kini merasa agak cemas. Pertumbuhan kelapa sawit memang tidak terasa apabila baru berumur pendek, tetapi ketika sudah menjulang tinggi atau menginjak dewasa, satu pohonnya memerlukan 12 liter air dari resapan tanah.

Tidak terbayang apabila harus dikalikan dengan beratus atau beribu batangnya setiap satu hektar tanah. Ditambah lagi, penguasaan perkebunan penghasil minyak goreng terbesar ini juga dinilai hanya dikuasai oleh oligarki yang hanya memikirkan keberadaan uang serta keuntungan.

Oleh karena itu, tidak sedikit yang memberikan wacana untuk menggantinya dengan kelapa dan jagung agar hutan tadah hujan tidak habis akibat digeser untuk dijadikan area kelapa sawit. Alih-alih mementingkan dampak lingkungan, tak sedikit yang mempertimbangkan ekonomi rakyat dari sekian juta yang bergantung dengan pendapatan hasil pemeliharaan pohon kelapa sawit.

Timbulnya perdebatan di kalangan umum membuat penulis ingin mengajukan judul “Hubungan Penggantian Minyak Kelapa Sawit dengan Kelapa dan Jagung Turut Menentukan Nasib Para Petani”

Untuk struktur lanjutan berupa rumusan masalah, tujuan, manfaat, dan sebagainya kamu bisa menyesuaikan dengan contoh-contoh sebelumnya ya.

Contoh identifikasi masalah dalam proposal penelitian

proposal penelitian literatur
cover illustrated by slideshare.net
Contoh Identifikasi Masalah Dalam Proposal Penelitian

A. Judul

Penggunaan Cuka Apel sebagai Toner Pembersih Wajah secara Alami

B. Identifikasi Masalah

Pemanfaatan cuka apel sebagai toner pembersih wajah secara alami dipengaruhi oleh beberapa faktor berikut

1. Cuka apel menjadi salah satu komoditi tradisional yang ramah lingkungan dan tidak punya efek samping serius pada kulit wajah manusia

2. Harga cuka apel yang diproduksi oleh industri rumahan dalam negeri relatif lebih murah

3. Dinilai lebih bersih dan kesat jika dibandingkan dengan toner bermerek lainnya

4. Cocok untuk beragam jenis kulit, mulai dari kering hingga berminyak

Disertasi Doktor

Proposal disertasi doktor agaknya berbeda dengan skripsi (mini thesis) atau juga thesis.

Hal ini diperkuat oleh pengertian yang mengatakan bahwa disertasi merupakan investigasi lanjutan dari thesis.

Bertujuan bukan hanya untuk menjabarkan, mendeskripsikan, atau mengungkapkan suatu permasalahan dengan teori yang telah ada. Melainkan juga menciptakan teori baru

Contoh judul disertasi doktor yang bisa dijadikan inspirasi

  • Hubungan antara Sudut Pandang Karyawan, Masyarakat, dan Pengusaha Kijing dalam Perpektif Ekonomi serta Budaya (Survei di Desa Nglorok, Kecamatan Gesang, Kota Surakarata).
  • Hubungan Keanggotaan, Perekrutan, dan Pengelolaan Keuangan Sederhana di Gereja Kristen Pusat Daerah Sentani, Manokwari (GK-M)
  • Kebijakan Pemerintah Daerah dan Pusat dalam Mendorong Kerja Sama Perusahaan Multinasional dengan Masyarakat Budisekta sebagai Upaya Pengembalian Citra Daerah (Survei di Desa Budisekta, Mblimbingan, Palu)
  • Kebijakan Baru dalam Pemberian Beasiswa Terpadu pada Siswa Kurang Mampu dan Berprestasi (Studi Satuan Biaya Pendidikan di Universitas Surakarta)
  • Pengelolaan Mindset Masyarakat Terhadap Hoax Berkembang dengan Kehidupan Multikultural yang Sehat dan Sentosa (Kasus Pilpres di Kota Surabaya, Desa Nyeglik, Kecamatan Widuran)
  • Pengaruh Pembangunan Jalur Baru sebagai Upaya Pengurangan Tingkat Kemacetan dan Pertumbuhan Penduduk yang Terus Berkembang Pesat di Beberapa Kota Jawa Tengah
  • Pengurangan Lahan Persawahan dan Persepsi Petani dalam Mempertahankan Lahan Hijau demi Kehidupan Berkesinambungan di Masa Depan

Contoh fokus penelitian dalam proposal

Fokus penelitian merupakan pokok bahasan yang akan dituangkan dalam sebuah penelitian.

Keberadaan fokus penelitian dimaksudkan agar pembahasan tidak melenceng dan meluas ke arah lain. Peneliti pun bisa terus meletakkan main case yang telah ditentukan.

proposal penelitian jeruk nipis
illustrated by academia.edu
Contoh Fokus dalam Penelitian Dalam Proposal

A. Judul

Mempelajari Musik dan Gamelan dari Gamelawan untuk Meningkatkan Pengetahuan Budaya Lokal para Remaja

B. Fokus penelitian

Penelitian ini fokus terhadap usaha para musisi tanah air yang mencoba untuk memberikan edukasi serta pembelajaran tentang musik dan gamelan pada para remaja melalui channel YouTube. Aktivitas yang ditunjukkan antara lain, menggabungkan musikalisasi antara aransemen modern dan tradisional, memberikan informasi, serta tutorial dari para gamelawan.

Contoh tinjauan pustaka proposal penelitian

Tinjauan pustaka adalah bagian akhir dari sebuah penelitian.

Meski terletak pada lembaran bagian belakang, tetapi peran pustaka tidak bisa diabaikan.

Seorang peneliti harus mencantumkan tinjauan pustakanya secara runtut dan benar agar terhindar dari plagiarisme juga pelanggaran karya terhadap peneliti lain

proposal penelitian kuantitatif pendidikan sekolah dasar
illustrated by slideshare.net
Contoh Tinjauan Pustaka Proposal Penelitian

A. Judul

Pengaruh Keputusan Go Public pada Perusahaan Azmen Terhadap Pembukaan Cabang di Kancah Internasional

B. Tinjauan Pustaka

Go Public merupakan upaya sebuah perusahaan dalam membuka diri terhadap para investor dan kompetitor bisnis yang terdaftar dalam Bursa Efek Indonesia. Menurut Anderson dan Raily (2009) perusahaan Go Public mampu mengembangkan diri ke jangkauan yang lebih luas karena mendapatkan tumpukan dana dari investor serta modal pun bertambah dengan cepat.

Namun, pertumbuhan yang cepat setelah perusahaan menjadikan bentuknya terbuka juga dibarengi dengan risiko cukup tinggi. Seperti pengambil alihan perusahaan dari tangan CEO apabila pemegang saham menanam modal yang sangat tinggi hingga 70%, kapitalisasi pasar dapat berubah sewaktu-waktu, dan pencabutan diri oleh investor manakala perusahaan tersandung kasus besar.

Pertanian

Proposal penelitian pertanian adalah pengujian hipotesis yang dikerjakan secara rinci agar mampu memperoleh jawaban atas fenomena-fenomena khusus di bidang pertanian.

Sifatnya pun ilmiah dan hasil simpula yang telah dipublikasikan diharapkan mampu membawa perubahan besar bagi para petani serta masyarakat luas.

proposal penelitian harus disusun secara
illustrated by pixabay.com
Contoh Proposal Penelitian Pertanian

A. Judul

Penggunaan Pupuk Organik dan Penyebaran Predator Hama untuk Menciptakan Panen Ramah Lingkungan

B. Latar belakang

Penyebaran pupuk kimia dinilai paling efektif dalam memberantas hama dan memaksimalkan hasil kebun atau pertanian. Namun sayangnya, campuran kimia yang terintegrasi dengan buah serta hasil panen kiranya membuat konsumen berkurang drastis dan merugikan untuk petani itu sendiri.

Khidman, seorang petani berdarah Jerman yang tinggal di kota Ponorogo diketahui sudah lama menghentikan penggunaan pupuk kimia dan beralih ke organik serta memanfaatkan sumber daya predator pemangsa hama. Hal ini tentu menimbulkan pro dan kontr di kalangan masyarakat. Mereka yang pro menilai bahwa upaya seperti yang dilakukan Khidman mampu mengembalikan ekosistem dan rantai makanan dalam jangka panjang, ditambah lagi hasil panen pun dianggap lebih aman konsumsi.

Namun mereka yang kontra, mengatakan bahwa usaha seperti itu akan memakan banyak biaya dan tenaga serta waktu. Berrdasarkan sudut pandang yang muncul di tengah masyarakat, penulis ingin meneliti seberapa besar pengaruh pupuk terhadap hasil panen dan lingkungan. Ada pun judul yang diajukan adalah “Penggunaan Pupuk Organik dan Penyebaran Predator Hama untuk Menciptakan Panen Ramah Lingkungan”.

C. Bab 1 (Pendahuluan)

Berisi tentang Identifikasi masalah yang berupa rumusan masalah, tujuan penelitian, dan manfaat penelitian.

D. Bab II (Tinjauan Pustaka)

Berisi landasan teori atau data mengenai pupuk, penggunaan pupuk organik versus kimia, hasil nyata dan dampak dari penggunaan keduanya. Juga hipotesis yang dikembangkan oleh si penulis sendiir.

E. Bab III (Metode Penelitian)

Berisi tentang populasi dan sampel serta teknik pengukuran yang digunakan. Menggunakan jenis data primer atau sekunder, kualitatif atau kuantitatif.

F. Bab IV (Hasil Analisis Data)

Berisi hasil analisis yang sudah dilakukan.

G. Bab V (Simpulan)

Berisi kesimpulan hasil analisis yang dikembangkan.

H. Daftar Pustaka

Berisi sumber informasi yang digunakan sebagai acuan informasi.

Manajemen sumber daya manusia

Penelitian manajemen sumber daya manusia atau SDM erat kaitannya dengan personalisasi struktur perusahaan.

Mencakup hal-hal seperti kedisiplinan pekerja, lingkungan kantor, tingkat partisipasi karyawan, operasional perusahaan, dan sejenisnya.

Peneliti bisa melakukan kegiatan investigasi baik tertutup maupun terbuka yang diharapkan mampu menghasilkan keputusan/saran dan nantinya berguna bagi perusahaan.

proposal penelitian geografi
illustrated by pexels.com/christina morillo
Contoh Proposal Penelitian Manajemen Sumber Daya Manusia

A. Judul

Peningkatan Mutu Kerja Karyawan Terhadap Perusahaan dengan Metode Absensi Digital

B. Latar belakang

Metode absen digital yang digunakan oleh perusahaan di era modern saat ini dinilai sangat efektif. Menurut beberapa perusahaan yang sudah melakukan tahapan uji, cara digital diketahui mampu mengurangi tingkat ketidaksiplinan para karyawan yang akan masuk atau berangkat kerja.

Hal ini dikarenakan karyawan tidak perlu antri atau menggunakan waktu secara berlebih dalam mengisi data berupa laporan kehadiran. Mereka hanya perlu sekali tekan dengan sidik jari, maka seluruh keterangan akan otomatis terekam oleh teknologi perusahaan.

(selanjutnya bisa dikembangkan sendiri ya)

C. Bab 1 (Pendahuluan):

Berisi tentang Identifikasi masalah yang berupa rumusan masalah, tujuan penelitian, dan manfaat penelitian.

D. Bab II (Tinjauan Pustaka)

Berisi landasan teori atau data mengenai tingkat keterlambatan karyawan pada sebelum diterapkannya absen digital, simplicity absensi digital, hasil nyata dan dampak dari penggunaannya. Juga hipotesis yang dikembangkan oleh si penulis sendiri.

E. Bab III (Metode Penelitian)

Berisi tentang populasi dan sampel serta teknik pengukuran yang digunakan. Menggunakan jenis data primer atau sekunder, kualitatif atau kuantitatif.

F. Bab IV (Hasil Analisis Data)

Berisi hasil analisis yang sudah dilakukan.

G. Bab V (Simpulan)

Berisi kesimpulan hasil analisis yang dikembangkan.

H. Daftar Pustaka

Berisi sumber informasi yang digunakan sebagai acuan informasi.

Kualitatif ilmu komunikasi

Proposal penelitian kualitatif komunikasi sering digunakan untuk mengetahui hubungan sebab-akibat dan dampak di masa depan atas persoalan sosial masa kini.

Sifatnya kualitatif dan timeless (tidak lekang oleh waktu) sehingga bisa digunakan sebagai referensi permanen nantinya.

Walaupun demikian, penelitian kualitatif komunikasi pada dasarnya membahas sesuatu yang masih hangat terjadi di lingkungan masyarakat atau bahkan hubungan secara personal.

proposal penelitian garam beryodium
illustrated by pexels.com/eugene C
  • Pengaruh Dominasi Media dan Hoax sebagai Sumber Permusuhan dalam Organisasi serta Keluarga
  • Keterlibatan People Power dan Suara Minoritas dalam Memaknai Hasil Perhitungan Valid KPU terhadap Pemilihan Presiden Periode 2019-2024
  • Melemahnya Nilai Rupiah dan Isu Perang Dunia Ketiga Berpengaruh terhadap Pandangan Masyarakat Indonesia
  • Kekerasan di Bangku Pendidikan serta Keluarga Memunculkan Generasi yang Keras, Otoriter, Muda Marah, dan Bad Parenting.
  • Perlakuan yang Sama Tanpa Diskriminasi pada Teman Tuli Mampu Meningkatkan Kelekatan & Kesadaran Sosial

hukum

Penelitian hukum adalah suatu penelitian berisikan objek-objek hukum yang tertera secara sistematis, dapat dipertanggungjawabkan, serta reliable.

Hukum yang diungkapkan ke dalam penelitian mencakup perilaku kehidupan masyarakat, baik dini maupun dewasa serta aturan terikat maupun yang sifatnya pragmatis, dogmatis, dan mengalir apa adanya.

  • Perlindungan Hukum Bagi Anak-Anak Pelaku Kekerasan Terhadap Guru dan Orang Tua Dianggap Memerlukan Revisi
  • Studi Komparasi Antara Hukum di Negara Belanda tentang Pelarangan Poligami dan Hukum Syariat Islam yang Berlaku sebagai Suara Minoritas
  • Pengaruh Pelarangan Penggunaan Atribut Agama di Prancis sebagai Bentuk Poteksi Negara terhadap Imigran Muslim (Studi Empiris di Kota Paris pada Tahun 2013)
  • Penghitungan Buta Data Konsumen di Dunia Maya terhadap Survey Hukum Mengenai Penyebaran Hoax dan Pencemaran Nama Baik
  • Legalisasi Aborsi di Negara Asia Memicu Perombakan Hukum bagi Negara di Sekitarnya (Studi Kasus yang Terjadi di Korea Selatan Pada Tahun 2019)

Akuntansi

Di telinga masyarakat, penelitian akuntansi sangat lekat dengan perhitungan dan angka.

Oleh karena itu sering disebut sebagai penelitian kuantitatif.

Pengertian secara luasnya sendiri adalah sebuah proses pengujian hipotesis yang memanfaatkan data baik terbaru maupun lawas guna menemukan jawaban yang dimaksudkan.

Peneliti akan melakukan perhitungan berdasarkan alat bantu statistik.

Contoh Proposal Penelitian Akuntansi

A. Judul

Analisis Pengaruh Laporan Keuangan Terhadap Ramalan Perusahaan di Masa yang Akan Datang

B. Latar Belakang

Laporan keuangan seyogiayanya bisa digunakan sebagai alat untuk memprediksi keadaan perusahaan di tahun mendatang. Hal tersebut bisa dilihat dari jumlah aset, laba yang diperoleh, dan kewajiban yang mesti dibayarkan oleh perusahaan. Sayangnya, tak sedikit laporan keuangan dimanipulasi demi mendapatkan investor dan menghindari pajak sehingga menguntungkan bagi perusahaan. Namun, sebagai media perusahaan, laporan keuangan hendaknya disusun berdasarkan aturan yang dipertanggungjawabkan agar mampu digunakan sebagai alat peramal di tahun-tahun berikutnya.

Setelah latar belakang, maka diikuti dengan Bab 1, Bab II, Bab III, Bab IV, Bab V, dan daftar pustaka sebagaimana mestinya sebuah proposal penelitian diajukan.

Administrasi Negara

Penelitian administrasi negara juga tidak jauh dari kepentingan publik.

Secara umum, penelitian ini merupakan sebuah langkah atau proses untuk mengukur atau menguji gejala-gejala yang dikhawatirkan mendekati kebenaran perihal kepegawaian negara, layanan negara terhadap publik, dan perangkat yang diikutinya.

proposal penelitian geografi tentang air
illustrated by pexels.com/isaac taylor
Contoh Proposal Penelitian Administrasi Negara

A. Judul

Pengaruh Tata Letak Kedai UMKM di Kota A dengan Kepadatan Publik yang Melonjak Tajam

B. Latar Belakang

Perkembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) kian padat dan meluas hingga tingkat pelosok. Banyak penggagas yang menyebutkan bahwa UMKM mampu memajukan taraf hidup masyarakat serta memicu daerah lain untuk mengembangkan sektor serupa. Niat baik ini pun direspon baik oleh pemerintah kota A yang menyediakan ruang jual khusus UMKM di sekitar Jalan Manokwari, tetapi sayangnya tidak diimbangi dengan penataan serta sosialisasi tepat. Pada akhirnya, UMKM membawa dampak baru yakni memunculkan kemacetan serta kepadatan publik yang luar biasa.

C. Bab 1 (Pendahuluan)

Berisi tentang fokus penelitian, Identifikasi masalah, tujuan penelitian, fungsi penelitian,dan manfaat penelitian.

D. Bab II (Tinjauan Pustaka)

Berisi landasan teori UMKM atau data mengenai kepadatan publik, akibat yang ditimbulkan lebih lanjut. Ditambah hipotesis yang dikembangkan oleh si penulis sendiri.

E. Bab III (Metodologi Penelitian)

Berisi tentang pendekatan yang digunakan dalam penelitian, tata & ruang atau lokasi, populasi serta sampel, dan lainnya. Jelaskan pula teknik pengukuran yang digunakan.

F. Bab IV (Hasil Analisis Data)

Berisi hasil analisis yang sudah dilakukan.

G. Bab V (Simpulan)

Berisi ringkasan atau dengan kata lain kesimpulan hasil analisis.

H. Daftar Pustaka

Berisi sumber informasi yang digunakan sebagai acuan informasi.

Bahasa Indonesia

Penelitian Bahasa Indonesia didefinisikan sebagai penelitian literatur atau proses pengudaran pelbagai karya yang sifatnya teoritis guna menemukan jawaban atas topik, tema, dan permasalahan tertentu.

Di dunia bahasa, peneliti melakukan proses yang terbilang sistematis, deskriptif, luas, dan mudah dipahami sehingga tercipta model komunikasi sesuai dengan fokus masalah.

proposal penelitian farmasi pdf
illustrated by freestocks.org
Contoh Proposal Penelitian Bahasa Indonesia

A. Judul

Pengaruh Kompetisi Baca Puisi dan Mengarang Cerpen terhadap Peningkatan Minat Dunia Literasi

B. Latar belakang

Minat dan ketertarikan rata-rata pelajar pada Bahasa Indonesia kian menurun. Hal ini ditandai dengan adanya hasil survey serta perhitugan dunia bahwa Indonesia menjadi negara yang darurat membaca, bahkan berada di peringkat ke-61. Penyebabnya pun beragam, mulai dari karena dianggap sepele, membosankan, dan matinya keingintahuan generasi masa kini terhadap perbendaharaan bahasa.

Indikator tersebut menyiratkan kalau Bahasa Indonesia kurang diminati. Oleh sebab itu, berbagai pegiat literasi kini gencar mengadakan lomba baca puisi serta sayembara cerpen guna mengembalikan gairah pemuda pada Bahasa Indonesia melalui bermacam sisi, baik dari membaca maupun menulis.

Melalui kegiatan yang sering dibentuk oleh beberapa tokoh serta pejuang bahasa, penulis ingin mengajukan judul “Pengaruh Kompetisi Baca Puisi dan Mengarang Cerpen terhadap Peningkatan Minat Dunia Literasi.”

C. Bab 1 (Pendahuluan)

Berisi tentang Identifikasi masalah yang berupa rumusan masalah, tujuan penelitian, dan manfaat penelitian.

D. Bab II (Tinjauan Pustaka)

Berisi landasan teori atau data mengenai perkembangan dunia literasi, pentingnya belajar Bahasa Indonesia, dan lain-lain. Juga hipotesis yang dikembangkan oleh si penulis sendiri.

E. Bab III (Metode Penelitian)

Berisi tentang populasi dan sampel serta teknik pengukuran yang digunakan. Menggunakan jenis data primer atau sekunder, kualitatif atau kuantitatif.

F. Bab IV (Hasil Analisis Data)

Berisi hasil analisis yang sudah dilakukan.

G. Bab V (Simpulan)

Berisi kesimpulan hasil analisis yang dikembangkan.

H. Daftar Pustaka

Berisi sumber informasi yang digunakan sebagai acuan informasi.

Nah, itu dia contoh judul serta struktur pembuatan proposal penelitian lengkap dengan cover-nya.

Bagaimana, sudah siap memegang toga dan merayakan kelulusan?

Leave a Comment