Nirwana Pemalu, tapi suka mencoba hal baru. Mari berteman!

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi

9 min read

teks laporan hasil observasi dimulai dengan kalimat

Dalam penulisan sebuah laporan, ada beberapa bentuk teks yang bisa digunakan sebagai acuan.

Jenis teks yang berbeda digunakan sesuai dengan tujuan penulisan laporan tersebut.

Masing-masing teks memiliki cara penulisan dan standar yang berbeda.

Tujuan, fungsi, dan ciri-ciri setiap teks juga tidak sama tergantung laporan seperti apa yang akan dibuat.

Berikut adalah salah satu contoh jenis bentuk laporan, yaitu teks laporan hasil observasi.

Pengertian Teks Laporan Hasil Observasi

teks laporan hasil observasi angklung
Sumber: https://history.churchofjesuschrist.org

Salah satu metode pengumpulan data dalam penelitian adalah dengan menggunakan observasi.

Observasi adalah mengamati objek penelitian.

Sedangkan teks laporan hasil observasi adalah sebuah tulisan yang memuat informasi mengenai fenomena alam maupun sosial sesuai dengan fakta yang ada di lapangan.

Dalam ilmu sosial terdapat 2 jenis observasi, yaitu observasi biasa dan partisipatif.

Observasi biasa dilakukan dengan hanya mengamati tanpa ikut ke dalam kegiatan yang sedang diamati.

Sedangkan observasi pastisipatif menuntut peneliti untuk ikut ke dalam kegiatan yang diamati.

Tujuan Teks Laporan Hasil Observasi

 

Secara sederhana, tujuan penulisan teks laporan hasil observasi adalah menghimpun informasi yang telah didapat dan disusun secara sistematis.

Tujuan lain dari penulisan teks laporan hasil observasi adalah menemukan cara atau teknik baru dalam penelitian yang belum pernah digunakan, membantu dalam pengambilan keputusan, dan memberi evaluasi terhadap suatu fenomena yang terjadi.

Fungsi Teks Laporan Hasil Observasi

Teks Laporan Hasil Observasi berfungsi sebagai sumber informasi dan pertanggungjawaban atas observasi yang telah dilakukan.

Selain itu, teks ini juga digunakan sebagai sarana dokumentasi dalam bentuk tulisan.

Struktur Teks Laporan Hasil Observasi

1. Pernyataan Umum

Bagian pertama dari struktur teks laporan hasil observasi ini berisi mengenai definisi maupun pernyataan umum objek yang diobservasi.

Biasanya juga dijelaskan bahwa suatu benda maupun fenomena memiliki klasifikasi tertentu.

2. Aspek yang Dilaporkan

Bagian kedua dari teks laporan hasil observasi ini berisi mengenai rincian data dan fakta yang didapat dari observasi.

Informasi di dalam bagian kedua ini sudah bersifat spesifik.

Ciri-ciri Teks Laporan Hasil Observasi

  1. Objektif, teks laporan hasil observasi dibuat sesuai fakta yang ada di lapangan tanpa pengaruh dari penulis.
  2. Faktual, teks laporan hasil observasi hanya menyampaikan fakta yang ada di lapangan tanpa menambahkan sesuatu yang tidak ada.
  3. Sistematis, teks laporan hasil penelitian disusun secara berurutan dan sesuai dengan standar yang ada.
  4. Ada objek, teks lapora hasil observasi tidak bisa dibuat apabila tidak ada objek yang diobservasi.

Langkah-langkah Membuat Teks Laporan Hasil Observasi

a) tujuan teks laporan hasil observasi
Sumber: https://i.pinimg.com
  1. Membuat judul laporan sesuai dengan objek pengamatan
  2. Membuat kerangka teks yang isinya berfokus pada pembuatan gagasan utama sesuai dengan hasil observasi
  3. Menulis teks sesuai dengan gagasan utama yang telah dibuat, diawali dengan paragraf pernyataan umum lalu ke bagian isi yang lebih spesifik.
  4. Kemudian klasifikasi tersebut dijabarkan
  5. Membaca ulang dan revisi kesalahan yang ditemukan

Macam-macam Contoh Teks Laporan Hasil Observasi

1. Teks Laporan Hasil Obervasi Mengenai Tumbuhan

teks laporan hasil observasi berisi penjabaran umum berdasarkan hasil
Sumber: https://lh6.googleusercontent.com

Tumbuhan Langka di Indonesia

Indonesia merupakan negara tropis yang kaya dengan flora dan fauna. Di berbagai jenis tanah yang ada di Indonesia, terdapat berbagai macam tumbuhan yang unik. Ada beberapa tumbuhan yang hanya bisa tumbuh di daerah tertentu saja. Jenis tumbuhan ini disebut dengan tumbuhan langka karena sulit ditemukan. Berikut adalah beberapa contoh tumbuhan langka di Indonesia.

1. Bunga Bangkai

Nama lain dari Bunga Bangkai adalah Rafflesia Arnoldi. Bunga ini memiliki bau tidak seap yang berfungi untuk menarik perhatian serangga. Serangga ini yang akan membantu bunga tersebut melakukan penyerbukan. Bunga bangkai memiliki ukuran yang besar, ada yang tumbuh hingga diameter 1 meter. Biasanya tumbuhan ini hanya bisa ditemui di hutan. Sayangnya, bunga ini hanya tahan mekar selama 1 minggu saja.

2. Kantong Semar

Kantong semar adalah tumbuhan karnivora. Untuk bertahan hidup, ia memangsa hewan kecil seperti semut dan lebah. Kantong semar memiliki cairan khusus yang membuat hewan kecil tersebut tergelincir dan terjebak di dalam tubuh kantong semar yang berbentuk seperti tabung.

3. Tumbuhan Damar

Tumbuhan Damar adalah salah satu tumbuhan langka dari Indonesia. Pohon Damar mampu tumbuh sampai ketinggian 60 meter. Saat ini Pohon Damar sudah jarang ditemukan karena sering disalahgunakan dalam jumlah yang berlebihan. Hal tersebut bisa terjadi karena Pohon Damar memiliki banyak manfaat bagi manusia. Bagian getahnya bisa dijadikan vernis, kaca, serta cairan pelapis kertas.

2. Teks Laporan Hasil Obervasi Mengenai Lingkungan Sekolah

teks laporan hasil observasi bunga bangkai
Sumber: https://images.squarespace-cdn.com
Lingkungan Sekolah Menengah Pertama Budi Mulya Yogyakarta

SMP Budi Mulya Yogyakarta yang tepat berlokasi di Jalan Mrican No. 21 Yogyakarta ini adalah salah satu sekolah yang mempunyai keadaan lingkungan sehat serta bersih. Lingkungan yang bersih dapat dilihat dari kelengkapan dan keseimbangan lingkungan hidup yang terdiri dari lingkungan biotik dan lingkungan abiotik.

Di sekolah tersebut terdapat banyak pohon besar yang tumbuh terawat. pohon tersebut termasuk ke dalam lingkungan biotik/hidup. Sekolah tersebut menjadi lebuh sejuk sejak adanya banyak pohon yang tumbuh besar. Sedangkan untuk lingkungan abiotik terdiri dari gedung, peralatan, dan properti sekolah.

Jenis tumbuhan yang ada di SMP Budi Mulya Yogyakarta ini cukup beragam, diantaranya adalah bunga boungenville, mawar, lili, asoka, anggrek, bunga kembang sepatu, bunga amarilis, dan bunga kemuning. Sedangkan untuk jenis pohon besar yang ada di SMP Budi Mulya Yogyakarta terdiri dari pohon bambu jepang kecil, mangga, beringin karet, dan pohon bambu kuning.

3. Teks Laporan Hasil Obervasi Mengenai Hewan Peliharaan

teks laporan hasil observasi brainly
Sumber: https://www.calgary.ca
Kucing

Hewan peliharaan adalah hewan yang sengaja dirawat di rumah oleh pemiliknya. Biasanya jenis hewan peliharaan yang umum adalah kucing dan anjing. Dua jenis hewan tersebut sering dijadikan teman oleh pemiliknya.

Kucing sebagai hewan peliharaan cara perawatannya berbeda-beda tergantung jenisnya. Ada kucing kampung dan kucing ras. Biasanya kucing ras perawatannya lebih kompleks karena bentuk bulu mereka panjang. Baik kucing ras maupun kucing kampung sebaiknya tidak diberi makanan yang dimakan manusia karena hal tersebut bisa mengganggu pencernaan mereka. Berikan makanan khusus kucing supaya mereka tumbuh dengan sehat.

Sesekali kucing seharusnya diajak keluar rumah agar merasakan udara di luar rumah. Di dalam rumah pun kucing tidak boleh dikurung di dalam kandang secara terus menerus. Mengajak hewan peliharaan bermain bisa mengurangi stres seseorang dari pekerjaannya sehari-hari.

4. Teks Laporan Hasil Obervasi Mengenai Usaha Kecil

teks laporan hasil observasi b
Sumber: https://lovingitvegan.com
Usaha Kecil

Usaha kecil menengah telah berubah menjadi salah satu persaingan bisnis. Persaingan untuk mendapatkan targetpasar banyak dilakukan oleh usaha kecil. Oleh karena itu, para wirausahawan perlu melakukan berbagai macam strategi supaya usahanya tidak kalah saing.

Pengangguran di Indonesia dapat dikurangi dengan menciptakan lapangan kerja melalui usaha kecil menengah. Banyak usaha kecil menengah memilih kuliner sebagai usaha mereka. Kuliner dipilih karena makanan merupakan sesuatu yang selalu dibutuhkan manusia. Kendalanya adalah memikirkan makanan unik yang akan terus dicari konsumen. Salah satu makanan yang tidak pernah bosan dan selalu dicari adalah nasi goreng. Nasi goreng merupakan menu pilihan yang cocok untuk makan malam.

Jenis usaha : Kuliner

Nama Usaha : Nasi Goreng Bapak Hadi

Nama Pemilik : Bapak Hadi

Alamat Usaha : Jalan Manggis No. 43 Yogyakarta

Kegiatan : Membuat nasi goreng dan mie goreng dengan berbagai topping pilihan. Usaha Bapak Hadi telah berjalan selama 2 tahun. Bapak Hadi membuka warungnya mulai jam 18.00 hingga dagangannya habis.

Informasi keuangan:

Satu porsi nasi goreng : Rp 9.000 sampai Rp 15.000

Pendapatan kotor/hari : Rp 550.000

Pendapatan bersih/hari : Rp 200.000

Modal besar tidak perlu dipikirkan karena usaha kecil hanya membutuhkan modal yang kecil pula.. Kunci kesuksesannya adalah niat dan komitmen untuk mengembangkan usaha. Tidak perlu keuntungan yang langsung besar, sedikit demi sedikit asalkan konsisten akan membantu perekonomian pengusaha.

5. Teks Laporan Hasil Obervasi Mengenai Sampah

teks laporan hasil observasi contoh
Sumber: https://i.pinimg.com
Sampah

Sampah merupakan bahan sisa yang sengaja maupun tidak sengaja dibuang dan sudah tidak memiliki nilai ekonomis. Sampah adalah material yang sudah tidak diinginkan. Sesuatu disebut sampah jika sudah selesai melewati semua proses. Sampah berasal dari semua sisa yang digunakan manusia mulai dari makanan sampai material lainnya.

Penggolongan sampah dilakukan dengan membedakan antara sampah organik dan anorganik. Sampah organik adalah sampah yang dapat diuraikan. Sampah organik adalah sampah yang bisa membusuk. Sedangkan sampah anorganik adalah sampah yang sulit bahkan tidak bisa membusuk.

Sampah organik biasanya dimanfaatkan kembali untuk digunakan sebagai pupuk kompos yang berguna bagi tanaman atau tumbuhan. Sedangkan sampah non organik bisa dijadikan sebagai bahan dasar daur ulang yang memiliki peluang usaha. Sampah bisa digolongkan berdasarkan bentuknya, seperti sampah padat dan sampah cair.

Saat ini banyak manusia yang tidak sadar bahwa mereka tidak menjaga lingkungan dengan membuang sampah sembarangan. Salah satu yang masih sering dilakukan manusia adalah membuang sampah tidak pada tempatnya. Selain itu, banyak juga cara membuang sampah yang belum sesuai dengan standar, salah satunya yaitu membuang sampah dengan dibakar. Padahal membakar sampah bisa mencemari lingkungan.

6. Teks Laporan Hasil Obervasi Mengenai Alam

teks laporan hasil observasi cocor bebek
Sumber: https://wordpress.accuweather.com
Bulan

Satelit alami milik bumi adalah bulan. Bulan termasuk ke dalam 5 satelit terbesar di dalam tata surya kita. Bulan tidak diam saja, ia bergerak mengelilingi bumi dan berputar pada porosnya. Bulan tidak bisa memancarkan cahayanya sendiri, cahaya bulan berasal dari pantulan cahaya matahari.

Bulan memiliki gaya sentrifugal yang membuatnya tidak bisa jatuh ke bumi walaupun bumi memiliki gaya gravitasi yang kuat. Sedangkan besarnya gaya sentrifugal bulan sendiri sedikit lebih besar dari gaya gravitasi antara bumi dan bulan. Gaya sentrifugal ini menyebabkan bulan bergerak menjauhi bumi sepanjang 3,8 cm setiap tahunnyav. Di bulan sendiri tidak ada kehidupan sama sekali.

Jarak antara bumi dan bulan sendiri sangat jauh yakni sekitar 384.405 km yaitu tiga puluh kali diameter bumi. sedangkan untuk diameternya sendiri yakni 3.474 km. Bulan mengelilingi bumi setiap 27,4 hari. Sedangkan untuk variasi periodik antara bumi, bulan dan matahari tersebut bertanggung jawab pada fase bulan yang selalu berulang sebanyak 29,5 hari.

7. Teks Laporan Hasil Obervasi Mengenai Pemanasan Global

teks laporan hasil observasi cabai
Sumber: https://www.creativeboom.com
Pemanasan Global

Pemanasan global disebut juga global warming. Pemanasan global terjadi karena suhu bumi meningkat setiap tahunnya yang disebabkan karena banyaknya asap dari industri. Pemanasan global terjadi karena terjadinya efek rumah kaca akibat adanya gas karbondioksida, karbon monoksida, serta gas metan.

Macam-macam gas tersebut yang menimbulkan efek gas rumah kaca pada atmosfer bumi sehingga sinar uv tertahan dari dalam atmosfer. Hal itu akan menyebabkan kenaikan suhu rata-rata di bumi sehingga air permukaan laut akibat dari es kutub utara dan selatan yang mencair meningkat.

Pemanasan global juga bisa diakibatkan oleh pemecahan ozon (O3) menjadi oksigen (O2) serta unsur O. Ozon tidak bisa menangkal sinar uv dan secara langsung menembus bumi. Penyebab utama efek rumah kaca ini adalah perilaku manusia itu sendiri. Beberapa hal yang paling banyak menjadi penyebab pemanasan global adalah penebangan pohon secara berlebihan dan penggunaan listrik yang berlebihan.

8. Teks Laporan Hasil Obervasi Mengenai Nyamuk Aedes Aegypti

teks laporan hasil observasi candi prambanan
Sumber: https://live.staticflickr.com
Nyamuk Penyebab Demam Berdarah

Nyamuk Aedes Aegypti betina adalah nyamuk yang menularkan penyakit seperti dengue (demam berdarah), chikungunya, demam zika, dan demam kuning. Nyamuk betina membutuhkan darah manusia untuk bertelur jadi mereka selalu berkeliaran di sekitar manusia. Keberadaan nyamuk jenis yang satu ini harus diwaspadai setiap saat.

Ciri-ciri nyamuk ini mudah sekali dikenali karena tubuhnya berbeda dengan nyamnuk lainnya. Nyamuk demam berdarah memiliki tubuh yang kecil dan bermotif hitam putih dis eluruh tubuhnya. Seperti nyamuk pada umumnya, nyamuk ini juga suka tinggal di tempat yang lembab.

Untuk bertelur, nyamuk ini mencari air yang jernih seperti bak mandi. Oleh karena itu, dinjurkan untuk selalu menutup tempat-tempat menampung air. Berbeda dengan nyamuk betina, nyamuk jantan tidak menghisap darah untuk bertahan hidup. Mereka hidup dengan menghisap air di daun dan sari bunga.

Pagi dan sore adalah waktu yang tepat untuk nyamuk ini mencari makan. Nyamuk ini mencari makanan di malam hari hanya jika asupan yang didapatkan saat pagi dan sore masih kurang atau belum mencukupi.

9. Teks Laporan Hasil Obervasi Mengenai Jenis Minuman

teks laporan hasil observasi cengkeh
Sumber: twitter.com
Macam-macam Minuman

Minuman adalah segala sesuatu yang bisa dikonsumsi dan bermanfaat dalam menghilangkan rasa haus, biasanya berbentuk cairan. Mimuman bisa dibagi menjadi beberapa jenis tergantung golongannya. Golongan ini termasuk jenis obat atau tidak, dengan atau tanpa pewarna, dan lain-lain.

Minuman ada yang bermanfaat bagi tubuh, namun ada juga yang hanya bermanfaat sebagai penghilang rasa haus. Minuman yang memiliki manfaat bagi tubuh bisa dibuat sendiri di rumah. Minuman tersebut bisa dibuat dari sayuran dan buah – buahan yang di blender dan menghasilkan jus. Jus memiliki banyak kandungan vitamin dan serat yang bermanfaat baik untuk kesehatan, dan daya tahan tubuh. Minuman yang bertujuan untuk menghilangkan rasa haus banyak beredar di pasaran mulai dari air mineral dalam kemasan hingga minuman dengan berbagai rasa.

Banyak jenis minuman dalam kemasan yang berwarna. Pewarna yang dipakai dalam pembuatannya ada yang alami ada juga yang buatan. Kunyit adalah salah satu contoh pewarna alami. Kunyit biasanya dipakai dalam minuman yang bermanfaat bagi tubuh, misalnya pada jamu. Sedangkan salah satu contoh pewarna kuning buatan adalah tartrazin. Pewarna makanan buatan biasanya digunakan untuk minuman olahan pabrik karena lebih mudah digunakan dan didapatkan.

10. Teks Laporan Hasil Observasi Mengenai Hutan Pinus dan Danau Ranu Gumbolo di Pagerwojo

teks laporan hasil observasi di atas berisi
Sumber: https://sgp1.digitaloceanspaces.com
Observasi Hutan Pinus dan Danau Ranu Gumbolo di Pagerwojo

Pagerwojo adalah salah satu kecamatan di Tulungagung yang wilayahnya merupakan perbukitan dengan pemandangan alam yang indah. Di daerah ini masih jarang ada pemukiman karena sebagian besar wilayahnya terdiri dari hutan jati dan pinus. Terdapat satu tempat wisata yang khas di Pagerwojo, yakni Waduk Wonorejo.

Di dekat wilayah tersebut da sebuah danau, yakni Ranu Gumbolo. Danau tersebut menjadi satu dengan waduk. Hutan pinus tertata rapi di sekitar danau ini. Pemandangan yang indah di sekitar danau ini tidak sepenuhnya alami karena terdapat campur tangan masyarakat dan pemerintah.

Objek wisata ini dibuka sejak tahun 2015. Waduk Wonorejo adalah nama danau ini sebelum dijadikan tempat wisata. Sebelumnya, danau ini hanya dikunjungi para pemancing karena belum ada fasilitas yang memadai untuk dijadikan sebagai tempat wisata. Pemnacing banyak datang ke sini karena udaranya yang masih sejuk dan banyak ikan. Danau ini diberi nama Ranu Gumbolo karena kawasan ini mirip dengan Danau Ranu Kumbolo di gunung Semeru.

Setelah jadi objek wisata, ilayah ini memiliki beberapa perubahan ekosistem. Banyak hewan yang sudah tidak terlihat di sekitar hutan karena hutannya mulai terjamah manusia.

Namun setelah ramai didatangi pengunjung, lokasi ini menjadi tertata rapi, memiliki fasilitas, jalan yang nyaman, dan tak ada lagi hewan liar yang berkeliaran kecuali ikan-ikan yang ada di tepi perairan.

11. Teks Laporan Hasil Observasi Mengenai Hutan

teks laporan hasil observasi dan strukturnya
Sumber: http://jendelakecildunia.com
Observasi Hutan Baluran Jawa Timur

Hutan Baluran adalah salah satu taman nasional milik negara yang ditetapkan menjadi hutan lindung atau suaka marga sejak masa kolonialisasi belanda, yaitu pada tahun 1937.

Kini Indonesia sudah tidak dijajah Belanda lagi, namun pemerintah Indonesia melalui Menteri Pertanian dan Agraria, membuka lagi daerah ini untuk dijadikan Taman Nasional Baluran.

Wilayah hutan ini terbagi di 2 kota, yaitu Situbondo dan Banyuwangi. Nama Baluran disamakan dengan nama gunung yang terdapat di kawasan tersebut, yaitu Gunung Baluran. Semua bagian dari wilayah ini berupa vegetasi sabana dan hutan yang selalu hijau sepanjang tahun.

Ada beberapa pos pengamatan Taman Nasional Baluran, yakni;

1. Batangan

Wilayah ini sering digunakan sebagai tempat berkemah dan mengadakan acara outdoor. Mayarakat bebas menggunakannya untuk acara apapun asalkan tidak merusak ekosistem sekitarnya.

2. Bekol dan Seminang

Banyak terdapat wisma di wilayah ini.

Biasanya di wilayah ini peneliti melakukan pengamatan terhadap satwa yang ada.

3. Bilik, Bama, Balanan

Ada beberapa fasilitas olahraga air yang disediakan wilayah pos pengamatan bahari ini.

4. Popongan, Sirontoh, Sejile, Kalitopo

Wilayah ini masih termasuk ke dalam pos pengamatan bahari. Di wilayah ini, pengunjung bisa menikmati wilayah perairan yang tenang.

5. Manting, Air Kacip

Macan tutul hidup di wilayah ini. Selain itu, ada juga sumber mata air yang tidak pernah kering sepanjang tahun.

6. Curah Tangis

Wilayah ini menyediakan fasilitas untuk panjat tebing.

Teks laporan hasil observasi cukup mudah untuk dibuat.

Cara penulisannya cukup sederhana, mudah untuk diikuti setiap kalangan.

Bagian-bagian dari teks laporan hasil observasi juga tidak begitu rumit sehingga lebih mudah diingat.

Teks laporan hasil observasi biasanya dajarkan di sekolah menengah pertama dan sekolah menengah atas.

Contoh bentuk laporan ini cukup mudah untuk mereka buat.

Nirwana Pemalu, tapi suka mencoba hal baru. Mari berteman!

Contoh Cover Proposal

mendy penulis
4 min read

Contoh CV

mendy penulis
13 min read

Wisata Bandung

Admin
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *