Wisata Candi di Jogja

Menikmati traveling ke berbagai tempat wisata merupakan hobi sebagian besar orang.

Tidak hanya sekedar melihat berbagai keindahan alam tetapi mengenal dan mempelajari tempat atau bangunan bersejarah sebagai salah satu edukasi untuk menambah wawasan sambil menikmati perjalanan wisata.

Jogja adalah salah satu kota yang memiliki berbagai macam tempat wisata bisa puluhan hingga ratusan mulai dari pantai, gunung dan candi.

Jogja juga dijuluki Tourist Paradise atau disebut dengan surganya wisata karena banyaknya lokasi wisata yang indah untuk dikunjungi.

Candi misalnya, merupakan bangunan bersejarah yang terbentuk dari susunan batu-batu alam sehingga memberikan sebuah keunikan tersendiri bagi siapapun yang melihatnya.

Mungkin kita tidak bisa membayangkan proses pembuatan candi pada zaman dulu dengan hanya mengandalkan peralatan yang sederhana namun mampu menciptakan bangunan cantik dan keren yang dapat memanjakan mata setiap orang.

Oleh karena itu bagi kalian yang berniat melakukan traveling ke candi sebagai salah satu pilihan wisata dijogja, berikut sudah kami rangkum 7 Candi Wisata Jogja Paling Populer di Indonesia.

Daftar Wisata Candi Paling Bagus di Jogja

1. Candi Prambanan

wisata candi prambanan dan sekitarnya
Sumber : https://dwipayanacool.wordpress.com

Salah satu wisata candi paling populer dan terkenal adalah Candi Perambanan. Candi ini sempat dinobatkan sebagai candi hindu yang paling bagus didunia.

Candi Perambanan merupakan tempat wisata dijogja yang wajib dikunjungi. Selain memiliki keindahan yang dapat memanjakan mata, candi ini juga mempunyai kisah sejarah yang sudah umum dikenal dikalangan masyarakat.

Spesifikasi candi prambanan memiliki tinggi sekitar 47 meter dengan tiga candi utama yang berdekatan yaitu candi brahma, wisnu dan siwa.

Tidak hanya itu, Candi Prambanan makin terlihat cantik ketika di kelilingi oleh 4 candi kelir, 2 candi apit serta 4 candi sudut.

Dimana untuk candi pendamping prambanan yang paling memikat adalah Candi Garuda. Jadi ketika ditotal dari keseluruhan candi perambanan berjumlah sekitar 224 buah.

Candi Prambanan sudah berdiri sejak 850 masehi. Dengan bentuk yang menjulang keatas artinya melambangkan sebuah kepercayaan umat hindu. Pada setiap bagian dari candi ini terdapat relief yang menceritakan kisah ramayana.

Bagi para pengunjung juga dapat menyaksikan sendratari ramayana yang biasa digelar di pelataran Candi Prambanan.

Lokasi Candi Prambanan terletak di Jalan Raya Jogja – Solo Km 16, Prambanan, Sleman, Yogyakarta.

2. Candi Borobudur

wisata candi borobudur tiket masuk
Sumber : Borobudurpark.com

Sebagai candi yang paling terkenal di Indonesia, Candi Borobudur juga termasuk kedalam salah satu dari 7 keajaiban dunia.

Maka tidak heran jika banyak wisatawan asing yang ingin merasakan keindahan suasana terhadap bangunan bersejarah tersebut.

Dengan bangunan yang menjulang tinggi, dinding Candi Borobudur lengkap dihiasi sebanyak 2672 ukiran panel relief yang panjangnya mencapai 6 km.

Candi Borobudur juga dikenal sebagai candi yang memiliki relief terlengkap di Dunia dimana masing-masing memiliki 4 kisah diantaranya mengenai Karmawibangga, Jataka, Lalita Wisatara, Awanda, dan Gandawyuda.

Ketika kamu mendaki menuju puncak Candi Borobudur, biasanya akan disuguhi dengan keindahan Gunung Sindoro dan Sumbing, Bukit Menoreh, Gunung merbabu, dan Gunung Merapi yang menghiasi setiap mata memandang.

Tidak hanya itu, pada tingkat paling atas Borobudur Sunrise dan Borobudur Sunset adalah bonus paling indah yang dapat memanjakan mata kita. Kalian bisa mengabadikan moment berharga ketika berkunjung ke Candi Borobudur tersebut.

3. Candi Ratu Boko

taman wisata candi ratu boko
Sumber : https://www.jogjanatour.com

Candi yang tidak kalah keren ini terletak disebelah selatan Candi Perambanan. Seperti namanya, Candi Ratu Boko merupakan bangunan yang cantik dan keren serta bersejarah pada masanya.

Dimana untuk candi yang satu ini lebih mirip sebuah keraton seorang Ratu. Luas Candi Ratu Boko mencapai 25 hektar. Tentu saja siapapun bisa berkunjung Candi Ratu Boko.

Candi Ratu Boko juga pernah digunakan sebagai lokasi pembuatan film AADC2 sehingga tempat wisata di Jogja yang Hits ini semakin diminati oleh wisatawan dalam maupun luar negeri.

Untuk biya masuk terbilang cukup murah. Biasanya wisatawan lokasi membayar Rp. 35 ribu saja perorang, sedangkan wisatawan asing Rp. 75 Ribu perorang.

Keindahan Candi Ratu Boko semakin memikat ketika dsuguhkan dengan sunset yang dimulai pada pukul 16.00 sampai matahari terbenam.

4. Candi Sambi Sari

wisata dekat candi sambisari
Sumber : wisatayogyakarta.net

Bagi sebagian orang mungkin masih banyak yang belum mengetahui candi Sambi Sari. Hal ini wajar sebab candi yang satu ini memang tidak terlalu populer dimasyarakat indoenesia kecuali hanya beberapa saja.

Namun taukah kamu bahwa Candi Sambi Sari juga menyimpan keindahan yang luar biasa hebat untuk memanjakan mata kita.

Salah satunya yaitu bentuk yang indah dan cantik ditambah posisinya yang berada sekitar 6,5 km dibawah tanah menjadikan candi ini semakin unik dan keren.

Jika kalian berkunjung ke Candi Sambi Sari, biasanya kita dapat melihat tiga buah candi pendamping didekat candi utama serta tembok yang mengelilingi candi tersebut dengan luas sekitar 50 m x 48 m.

Dari bukti sejarah mencatat bahwa CAndi Sambi Sari didirikan sejak 812-838 M.

Tidak hanya melihat keindahan candinya saja, kita juga bisa mengetahui berbagai macam cerita sejarah mulai dari proses penggalian, rekonstruksi serta berbagai macam peninggalan candi berupa arca dan perunggu yang dapat kita jumpai di Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala.

5. Candi Banyunibo

wisata candi sumberawan malang
Sumber : http://kisahklasikduniaku.blogspot.com

Candi Banyunibo dalam bahasa indonesia artinya air yang menetes. Keindahan Candi yang satu ini juga tidak bisa dilewatkan.

Sebagai salah satu Candi Budha yang berdiri sejak abad ke IX dizaman kerajaan Mataram. Wisata Candi Banyunibo memiliki letak yang sangat pas yakni didekat persawahan yang dikelilingi oleh perbukitan.

Sesuai dengan namanya Candi Banyunibo sangat erat hubunganya dengan sejarah para petani.

Candi Banyunibo termasuk salah satu candi terkecil dibanding candi yang lain. Dengan tinggi ukuran sekitar 14 meter saja yang mana bagian atasnya membentu sebuah kubah dan stupa yang terdapat diujung candi.

Jika kalian berkunjung ke Candi ini, mata kita akan tertuju pada sawah-sawah dan perbukitan yang terdapat disekitar candi. Selain itu suasana yang sejuk semakin menambah keistmewaan candi yag satu ini.

6. Candi Barong

gambar candi barong
Sumber : http://obyekwisatayogya.blogspot.com

Sebuah candi yang dibangun pada abad ke IX dan X ini memiliki corak hindu yang sangat kental.

Candi ini disebut dengan candi barong karena terdapat sebuah hiasan raksasa yang membentuk sebuah barong sehingga dinamankan Candi Barong.

Barong didalam kepercayaan hindu adalah sebagai makhluk penjaga kesucian bangunan tersebut. Maka bangunan ini banyak yang mengatakan sebagai tempat ibadah umat hindu zaman dulu.

Ciri-ciri bangunan Candi yaitu tidak memiliki ruangan didalam candi melainkan sebuah relung untuk menempatkan arca.

Berbeda dengan candi yang lain yang memiliki hasan relif sedangkan Candi Baring tidak memiliki hiasan sama sekali.

Jika kalian berkeliling disekitar candi biasanya kalian akan menemukan patung Dewa Siwa dan Dewi Laksmi.

Menurut kepercayaan masyarakat sekitar, area tertinggi dari candi tersebut disakralkan. Untuk berkunjung ke Candi Barong tersebut terletak di Dusun Candisari, Sambirejo, Prambanan, Sleman, Yogyakarta.

7. Candi Gebang

candi gebang permai yogyakarta
Sumber : travelbos.id

Candi Gebang adalah salah satu candi yang memiliki bentuk sangat kecil. Candi Gebang sendiri terletak di daerah Condongcatur, selatan Desa Gebang.

Candi yang satu ini memang masih banyak yang belum mengetahui keberadaanya sebab letaknya yang cukup jauh dan karena ukuranya yang kecil banyak orang merasa tanggung untuk berkunjung kesana.

Maka tidak heran kalau Candi Gebang kalah eksis jika dibanding candi besar lainya yang ada di Yogyakarta.

Jika kalian ingin mengunjungi Candi Gebang, tepat lokasinya berada di kompleks Perumahan Candi Gebang dengan mengikuti jalan ketimur kearah Pasar Condong Catur. Biasanya akan ada petunjuk jalan menuju Candi Gebang.

Deri ke 7 candi diatas sebenarnya masih banyak lagi candi yang belum disebutkan. Dijogja sendiri ada sekitar 15 buah candi yang bagus dan keren bisa kalian kunjungi.

Namun jika kalian berkunjung ke Jogja, tidak ada salahnya mendatangi salah satu Wisata Candi tersebut. Tentu saja untuk mengabadikan moment bahagia bersama pasangan, keluarga atau sahabat.

Tinggalkan komentar